SOLOPOS.COM - Suasana bursa kerja bertajuk Job Fair Career Expo 2023 di Plasa Simpang Lima Semarang, Rabu (25/1/2023). (Solopos.com/Antara-Galang Rambu Aji)

Solopos.com, SEMARANG — Sebanyak 4.000 jobseeker atau pencari kerja meramaikan bursa kerja bertajuk Job Fair Career Expo 2023 yang digelar di Plasa Simpang Lima, Kota Semarang. Bursa kerja yang menawarkan peluang kerja di lebih dari 50 perusahaan itu digelar selama tiga hari sejak Selasa (24/1/2023) dan akan berakhir pada Kamis (26/1/2023).

Penanggung jawab bursa kerja, Oktavianus Jimmy, mengatakan bursa kerja itu untuk membuka peluang kerja bagi masyarakat Jawa Tengah, khususnya Semarang.

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

“Tercatat ada 2.000-an pengunjung yang datang di hari pertama. Hari ini, kurang lebih sama. Target kami selama bursa kerja tiga hari ini 6.000-7.000 pengunjung,” katanya, Rabu (25/1/2023).

Untuk perusahaan, ia menyebutkan ada lebih dari 50 perusahaan yang berpartisipasi dalam bursa kerja yang digelar selama 24-26 Januari 2023 dengan menawarkan peluang karier di berbagai posisi.

Jimmy sudah cukup berpengalaman dalam menggelar bursa kerja, setidaknya sudah enam bursa kerja diselenggarakannya pada tahun 2022. Sebelumnya, bursa kerja sudah digelar di Karanganyar, sedangkan Februari mendatang diagendakan berlangsung di Yogyakarta.

Pencari kerja pun terfasilitasi dengan baik karena untuk mengunjungi bursa kerja yang digelar sukarela oleh komunitas Jobfair.co.id itu tidak dipungut biaya. “Kami murni atas inisiasi sendiri. Semuanya diselenggarakan hanya untuk membantu masyarakat untuk bisa mencari pekerjaan,” katanya.

Untuk mengikuti acara tersebut, pengunjung yang hendak mencari lowongan pekerjaan bisa mengisi registrasi pada laman web resmi Jobfair.co.id atau dengan langsung mengisi formulir registrasi di tempat saat acara berlangsung.

Ferry, pengunjung bursa kerja, mengaku merasa terbantu dengan gelaran itu sehingga langsung menjajal peluang dengan melamar di dua perusahaan berbeda. Ia menjelaskan calon pencari kerja yang ingin membuat resume untuk keperluan pemberkasan bisa langsung mengakses secara daring di laman Jobfair.co.id.

“Terbantu sekali. Kami juga merasa dimudahkan karena tidak usah membayar, gratis. Dari pemberkasan juga terbilang mudah. Banyak juga yang datang dari luar kota,” kata warga Semarang Selatan itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya