SOLOPOS.COM - Para pencari kerja saat menghadiri Job Fair di Balairung Universitas UKSW Salatiga, Jumat (6/10/2023). (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGA — Tak hanya meluluskan ribuan mahasiswa setiap tahunnya, Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga juga selalu menjembatani setiap alumninya untuk mendapatkan pekerjaan dengan masa tunggu yang singkat.

Hal ini ditunjukkan dengan digelarnya Job Fair ke-44 UKSW melalui Direktorat Kealumnian dan Karier (DKK) di Balairung Universitas, Kamis-Jumat (5-6/10/2023) mulai pukul 09.00 WIB-16.00 WIB.

Job Fair kali ini diikuti oleh 30 perusahaan nasional, multinasional, hingga internasional, serta lembaga pendidikan. Tersedia sedikitnya 295 posisi lowongan bagi lulusan SMK/SMA, D3, D4, S1 dan juga S2.

Berbagai perusahaan tersebut bergerak di beragam bidang, seperti manufaktur tekstil, manufaktur makanan, elektronik, teknologi informasi, jasa keuangan, otomotif, retail, perbankan, tekstil, dan lainnya.

Ketua Panitia Job Fair UKSW, Theresia Evy Yeniarti, menyebut dengan tema Retro Games yang diangkat tahun ini, diharapkan pencari kerja merasakan suasana fun dalam Job Fair ke-44 UKSW.

Suasana fun ini tampak dari tersedianya berbagai role play game (RPG) dan board game hasil inovasi mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Teknologi Informasi (FTI) yang dapat dimainkan pengunjung sembari menunggu antrean seleksi kerja.

“Menghadirkan suasana yang fun, harapannya pencari kerja dapat meng-upgrade diri dan kariernya seperti tagline Job Fair kali ini, Level Up Your Career Here,” kata Theresia, Jumat (6/10/2023).

Theresia mengatakan Job Fair UKSW kali ini memiliki keunggulan, yaitu fasilitas langsung bisa tes, baik berupa psikotes atau wawancara. Dengan fasilitas ini, pencari kerja bisa langsung diseleksi sehingga tidak perlu menunggu lama.

Para pencari kerja diberikan vacancy book yang berisi daftar perusahaan dan juga lowongannya agar lebih mengenal profil perusahaan.

“Untuk mengikuti Job Fair UKSW, pencari kerja cukup melakukan registrasi di laman jobfair.uksw.edu dan menyiapkan berkas lamaran seperti surat lamaran, CV, ijazah dan juga fotokopi transkip nilai. Kemudian langsung datang ke Balairung UKSW dan mengikuti proses seleksi,” jelasnya.

Job Fair UKSW ini juga berkolaborasi dengan Language Training Center (LTC) UKSW dengan menyediakan free trial TOEFL, IELTS, dan TOEIC serta memberikan undian tes TOEFL secara gratis di LTC.

“Tes dominance, influence, steadiness, dan compliance (DISC) juga semakin melengkapi fasilitas Job Fair UKSW. Tes ini merupakan kolaborasi Job Fair UKSW dengan Fakultas Psikologi yang berguna untuk melihat gambaran kepribadian secara cepat,” tambahnya.

Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Kealumnian (WR KK), Yafet Yosafet Wilben Rissy, berharap kegiatan ini dapat dimanfaatkan oleh para pencari kerja untuk meniti karier.

“Kami harap kegiatan ini juga membuahkan kerja sama yang lebih banyak antara UKSW dan perusahaan yang hadir,” ungkapnya sebelum memukul gong sebagai tanda dimulainya Job Fair ke-44.

Acara pembukaan Job Fair ke-44 juga turut dihadiri oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Salatiga serta sejumlah Dekan dan Wakil Dekan fakultas di UKSW.

Senior People and Culture Strategic Partner Compassion Indonesia, Daniel Situmeang, mengungkapkan beberapa lulusan terbaik UKSW telah bergabung di perusahaan yang mengembangkan anak secara holistik untuk membebaskan mereka dari kemiskinan.

“Kami bersyukur ada orang-orang terbaik dari UKSW, salah satunya menjadi top leader di tempat kami. Harapannya, kami bisa kembali mendapatkan orang-orang terbaik di UKSW untuk mengentaskan anak dari kemiskinan di Indonesia,” ujarnya.

Antusiasme Job Fair tak hanya dirasakan perusahaan, namun juga pengunjung. Hal ini ditandai dengan banyaknya pencari kerja yang sudah membeludak sejak dibukanya Job Fair ini.

Karisma Chandra Devi misalnya, pelamar kerja di PT Golden Tekstil Indonesia dan PT Cahaya Kharisma Plasindo ini mengaku baru pertama kali mengikuti Job Fair.

“Job Fair UKSW sangat membantu dalam mencari pekerjaan dan menyediakan berbagai lowongan kerja yang menarik,” ungkap lulusan Fakultas Psikologi UKSW ini.

Beberapa lulusan SMA dan SMK juga ikut ambil bagian di Job Fair UKSW. Dimas Singgih Saputra salah satunya.

Bersama-sama rekannya, Dimas yang merupakan lulusan SMK Negeri 2 Salatiga ini juga tak menyia-nyiakan kesempatan memperoleh pekerjaan di Job Fair UKSW.

“Ini sangat membantu para pencari kerja untuk memasukkan lowongan kerja sesuai keinginan. Ini tadi juga banyak perusahaan,” kata remaja lulusan 2023 ini.

Dari 30 perusahaan peserta Job Fair UKSW, beberapa di antaranya adalah Global Prestasi School, Duniatex Group, PT Propan Raya ICC, PT Waleta Asia Jaya, PT Pegadaian, PT Astra Otoparts, Tbk, PT BFI Finance Indonesia, Tbk, Pura Group, PT Hartono Istana Teknologi (Polytron), PT Awan Integrasi Sandidata (ViBiCloud), Buana Siswa Pratama, PPPK Petra, BANK OCBC NISP, Prime Consult dan lainnya.

Hingga penutupan di hari pertama pelaksanaannya, terdapat lebih dari 600 pencari kerja telah berpartisipasi dalam Job Fair.

Rekomendasi
Berita Lainnya