SOLOPOS.COM - Gelaran Job Fair UKSW Salatiga. (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA — Job Fair ke-42 Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) menjaring lebih dari 1.000 pencari kerja.

Di hari kedua job fair, beberapa perusahaan tampak mulai mengadakan seleksi kerja, baik seleksi berkas, wawancara maupun tes tertulis. Seleksi dilakukan langsung di stand masing-masing perusahaan.

Selain itu ada juga perusahaan yang menggelar seleksi di ruang kelas tak jauh dari Balairung Universitas, tempat diselenggarakannya job fair.

Perusahaan tersebut antara lain Argon Group yang menggelar seleksi wawancara dan PPPK Petra yang mengadakan seleksi tertulis. Keduanya menggelar tes di gedung G, yang terletak tepat di samping Balairung Universitas.

Theresia Evy Yeniarti, S.E., Ketua Panitia menuturkan, salah satu yang membedakan penyelenggaraan job fair UKSW dengan yang lainnya adalah adanya fasilitas seleksi kerja yang dilakukan oleh perusahaan.

Dengan adanya fasilitas ini, perusahaan diharapkan dapat segera mendapatkan staf sesuai kualifikasi yang diinginkan, dan pencari kerja bisa mendapatkan pekerjaan.

Ditambahkannya, selama dua hari penyelenggaran job fair, tercatat 1.000 pencari kerja dari Salatiga dan sekitarnya ikut ambil bagian.

Selain Argon Group dan PPPK Petra yang menyelenggarakan seleksi kerja, Sabtu (18/2/2023) tercatat beberapa perusahaan juga telah menjadwalkan seleksi.

Perusahaan tersebut adalah Indomaret Group, BPK Penabur Jakarta, PT Asuransi Sinar Mas, PPPK Petra, dan PT Hidup Baru Plasindo.

Dijumpai di sela penyelenggaraan job fair hari ini, Gita Amalia, S. Psi., Head of Human Capital dari Global Sevilla School yang menerapkan Mindfullness Based dan Cambridge Curriculum menuturkan juga segera melakukan seleksi berkas pada puluhan lamaran yang masuk.

Seleksi berkas dilakukan sebelum timnya menginjak ke tahapan rekrutmen selanjutnya yang meliputi interview, psikotes, dan micro teaching yang dilakukan secara online untuk memfasilitasi dan memudahkan pencari kerja.

“Meskipun baru pertama kalinya mengikuti job fair UKSW, Global Sevilla School sudah mendapatkan beberapa kandidat yang memenuhi kriteria untuk menjadi administrative staff. Guru matematika juga ada yang cocok, lulusan cumlaude dan akan diproses lebih lanjut. Selama job fair kami juga merasa terfasilitasi dengan sangat baik dan semoga ke depan kita terus bisa bekerja sama,” imbuh Gita Amalia.

Senada, PT Indomarco Adi Prima – Indofood Group yang kali ini juga bergabung di job fair UKSW menyebutkan sudah mendapatkan beberapa kandidat dari sepuluh posisi lowongan yang dibuka.

Yustinus, HRD PT Indomarco Adi Prima – Indofood Group menuturkan meskipun tes baru akan dilaksanakan Sabtu di Semarang, pihaknya sudah mendapatkan kandidat untuk beberapa posisi.

Ditambahkannya, dari gelaran job fair UKSW dua hari ini, perusahaannya mendapatkan pelamar yang bervariasi baik mereka yang fresh graduate, baru akan diwisuda dan yang sudah berpengalaman.

“Secara umum kami puas dengan penyelenggaraan job fair dua hari ini, semoga ke depan bisa bekerja sama lagi,” imbuhnya.

Kepuasan tidak hanya dirasakan perusahaan saja, para pencari kerja yang mengikuti seleksi kerja di Job Fair UKSW juga mengungkapkan kepuasannya. Otniel Satriatama salah satunya.

Lulusan UPN Veteran Yogyakarta berkesempatan mengikuti psikotes dan interview untuk posisi supervisory development di Argon Group.

Dijumpai disela mengikuti tes, Otniel mengatakan mengikuti job fair di UKSW memberikan kemudahan karena info profil perusahaan dan syarat mendaftar dibagikan secara lengkap.

“Hal ini memudahkan dan membantu pencari kerja seperti saya karena proses perekrutan di UKSW cepat, bisa langsung ikut tes,” kata Otniel yang Sabtu ini berkesempatan mengikuti seleksi di BPK Penabur Jakarta.

Mengisi job fair hari kedua, Direktorat Kealumnian dan Karier (DKK) UKSW sebagai penyelenggara job fair juga mengadakan kegiatan Anjangsana UKSW dengan Perwakilan Perusahaan.

Diikuti 10 perusahaan yang mewakili 33 peserta job fair, anjangsana ini dihadiri Direktur DKK Dra. Lina Sinatra Wijaya, M.A., Direktur Direktorat Penjaringan Beasiswa dan CSR Pratiwi Cristin Harnita, S.Sos., M.I.Kom., dan Direktur Direktorat Inovasi dan Kewirausahaan Dr. Linda Ariany Mahastanti, S.E., M.Sc.

Lina Sinatra Wijaya mengungkapkan melalui kegiatan anjangsana yang baru pertama kali diadakan ini, pihaknya berharap kolaborasi antara UKSW dengan dunia industri akan terjalin lebih baik lagi.

Dalam kesempatan ini, berbagai inovasi yang telah dilakukan dosen dan mahasiswa UKSW, serta program beasiswa dan CSR yang dapat dikerjasamakan dengan perusahaan dipaparkan.

Lewat anjangsana ini, sejumlah perusahaan menyatakan ketertarikannya untuk bekerja sama lebih erat lagi dengan kampus UKSW.

Rekomendasi
Berita Lainnya