SOLOPOS.COM - Pesawat Aerotex X1 rakitan pemuda Temanggung, Jawa Tengah saat sosialisasi Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di hanggar FASI Pangkalan Angkatan Udara (Lanud) Adisutjipto, Yogyakarta, Sabtu (18/3/2023). (Istimewa)

Solopos.com, TEMANGGUNG — Sejumlah pemuda kreatif asal Kabupaten Temanggung berhasil menerbangkan pesawat ringan rakitan sendiri di hanggar Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Pangkalan Angkatan Udara (Lanud) Adisutjipto, Yogyakarta, Sabtu (18/3/2023). Uji coba penerbangan dilakukan bersamaan dengan sosialisasi FASI Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Dilansir dari mediacenter.temanggungkab.go.id, uji coba dihadiri oleh Kepala Bappeda, Dwi Sukarmei yang mewakili Bupati Temanggung beserta tim Bappeda Temanggung.

Promosi Kisah Petani Pepaya Raup Omzet Rp36 Juta/bulan, Makin Produktif dengan Kece BRI

Komunitas ini diketuai Andi Setiawan, sosok yang menggandrungi aeromodeling. Bersama timnya, Andi cs merakit sendiri pesawat itu dengan komponen lokal. Hanya beberapa yang impor, yaitu alat navigasi dan mesin bekas buatan tahun 1980-an.

Dalam uji coba itu, pesawat rakitan Andi cs berhasil terbang hingga ketinggian 700 kaki atau sekitar 213 meter. Pesawat bernama Aerotex X1 ini merupakan satu-satunya inovasi pesawat sejenis yang ada di Indonesia dan merupakan hasil karya putra Temanggung berbahan baku lokal dalam negeri (85%-90%).

Karya inovasi pesawat Aerotex X1 akan diikutsertakan dalam lomba Krenova Tahun 2023.

”Semoga dengan inovasi pesawat Aerotex X1 yang merupakan karya terbaik putra Temanggung ini dapat memotivasi dan menginspirasi karya-karya lainnya,” kata Kepala Bappeda Temanggung, Dwi Sukarmei.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya