SOLOPOS.COM - Pemain dan ofisial tim sepak bola putra Special Olympics Indonesia (Soina) asal Jateng yang tampil sebagai juara dalam ajang Special Olympics Unified South East Asia Football Cup 2022 berfoto dengan istri Gubernur Jateng, Siti Atikoh Ganjar Pranowo, di rumah dinas Gubernur Jateng, Kamis (17/11/2022). (Solopos.com-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, SEMARANG – Tim sepak bola Special Olympics Indonesia (Soina) putri yang diwakili atlet asal Jawa Tengah (Jateng) meraih prestasi yang membanggakan dengan membawa pulang medali emas dalam ajang Special Olympics Unified South East Asia Football Cup 2022 di Thailand, 12-16 November 2022.

Seusai meraih gelar juara, tim sepak bola putri Soina itu pun mengunjungi Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, di rumah dinasnya, Puri Gedeh, Kota Semarang, Kamis (17/11/2022). Namun, mereka tidak bisa bertemu Gubernur Ganjar yang sedang tidak ada di kediaman. Sebagai gantinya, tim tersebut ditemui istri Gubernur Ganjar, Siti Atikoh.

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

Siti Atikoh mengaku bangga dengan raihan tim sepak bola Soina. Prestasi itu menjadi motivasi bagi para pemain dan masyarakat Indonesia, terutama Jateng karena diraih di tengah keterbatasan.

“Adik-adik yang baru pulang dari Thailand, mengikuti event sepak bola Special Olympics akhirnya mendapatkan emas. Lebih kerennya lagi, enggak ke-gol-an [kebobolan] sama sekali. Itu benar-benar cleansheet. Keren sekali. Semoga ini bisa memotivasi dan kita juga bisa lebih equality bisa lebih digaungkan,” ujar Atikoh.

Dalam kesempatan itu, Atikoh menyalami satu-persatu anggota tim. Bahkan, sembari mengucapkan selamat atas prestasi, juga memberikan semangat kepada tim, untuk terus bisa meraih yang terbaik ke depannya. Terutama untuk bisa kembali membanggakan Jateng di kancah internasional.

Baca juga: Edutorium UMS Solo Lokasi Muktamar Muhammadiyah Diklaim Mirip Stadion Jerman

Head of Delegation Soina, dr Halida Wibawaty, mengatakan di turnamen sepak bola se-Asia Tenggara itu, tim putri Indonesia diwakili Jateng meraih emas. “Di turnamen football se-Asia Tenggara, ya putra dan putri. Indonesia diwakili Jateng yang putri. Dan yang laki-laki dari Jawa Barat. Alhamdulilah yang putri mendapatkan emas dan Alhamudulillah juga kami tidak pernah ke-gol-an. Kami yang mencetak gol. Menang 4-0, 5-0, 8-0, dan 7-0,” kata Halida.

Pihaknya juga menuturkan, untuk tim sepak bola putra dari Indonesia diwakili Jawa Barat. Tidak hanya putri, tapi tim putra Indonesia juga meraih prestasi mentereng. “Kalau yang Jawa Barat, Alhamdulillah dapat perunggu,” bebernya bangga.

Halida mengungkapkan kunci kemenangan tim Jateng saat melawan tim negara lain adalah kerja sama tim. Sehingga, tidak muncul kesan individual dalam setiap permainan. Hal itulah yang menjadi kunci kemenangan tim.

Baca juga: Jordi-Sandy Resmi WNI, Perpindahan Federasi Dikebut Demi Piala AFF 2022

“Mereka saya lihat itu mainnya imbang antara patner dengan atlet. Jadi tidak individual. Jadi beda dengan negara lain. Di mana patner itu dominan. tapi kalau di Indonesia itu enggak. Jadi kemampuan mereka sama. Sehingga benar-benar fairplay dan enak untuk dilihat. Karena mengggiring bolanya luar biasa. Kerja samanya juga luar biasa. Tidak ada yang dominan sekali. Jadi imbang. Semua bagus,” imbuhnya.

Pada kompetisi itu, tim Jateng diperkuat delapan atlet yang terdiri lima atlet berkebutuhan khusus dan tiga atlet partner. Sebelumnya tim ini juga tampil sebagai juara di ajang Pekan Special Olympics Nasional (Pesonas) 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya