SOLOPOS.COM - Rektor UKSW Salatiga, Prof Intiyas. (UKSW Salatiga)

Solopos.com, SALATIGA — Kabar gembira menyambangi kampus Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga. Kampus perguruan tinggi swasta yang berbasis di Kota Salatiga, Jawa Tengah (Jateng) itu meraih prestasi internasional dengan mendapat pengakuan bintang 3 secara menyeluruh dari Quacquarelli Symonds (QS) Stars University Rating.

QS Stars University Rating merupakan lembaga pemeringkatan perguruan tinggi dari Inggris. Banyak perguruan tinggi di Tanah Air berlomba-lomba untuk mendapatkan pengakuan dari lembaga tersebut.

Bagi UKSW, keberhasilan mendapatkan rating bintang 3 dari QS Stars ini merupakan yang kali pertama. Tak hanya mendapat bintang 3, UKSW juga mendapat bintang 5 dari QS Stars dalam kategori employability atau tingkat kesiapan lulusuan masuk dunia kerja dan Inclusiveness (kampus untuk semua). Sedangkan bintang 4 didapat pada kategori Academic Development (pengembangan akademik) dan Facilities (infrastruktur dan fasilitas).

Sementara untuk kategori Internationalisation (internasionalisasi) dan Business and Management Studies (kajian manajemen dan bisnis), UKSW meraih bintang 2.

Rektor UKSW, Prof Intiyas Utami, mengungkapkan rasa syukurnya atas capaian kampus yang dipimpinnya. Proses yang panjang dengan penilaian dan audit yang begitu terperinci membuat UKSW meraih peringkat dari QS Stars.

“Kami bersyukur atas pencapaian kinerja UKSW di aras internasional dengan diperolehnya QS Stars Rating,” ujar Rektor UKSW Salatiga, Senin (19/2/2024).

Intiyas menambahkan bintang 5 yang diberikan ke UKSW pada kategori Employabilitymenunjukkan bahwa terdapat pelayanan untuk mahasiswa yang berkualitas, kualitas lulusan dan kepercayaan pengguna lulusan yang tinggi.

Diakuinya, hasil ini dapat dicapai dengan kerja yang sistematis dan adanya kolaborasi yang baik antara fakultas dan direktorat atau lembaga dan juga divisi yang ada di UKSW. Program kerja strategis UKSW yakni Proud (Progressive and Outstanding) menjadi acuan kegiatan dengan menggunakan indikator QS Stars Rating, akreditasi nasional, dan times higher education (THE) yang terintegrasi ke Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI).

“Terima kasih untuk kerja keras semua pihak yang dikoordinir LPM (Lembaga Penjaminan Mutu-red) dan semua tim direktorat,” imbuh Rektor Intiyas.

Proses mengikuti QS Stars Rating diawali Februari 2023, dan dilakukan berbagai perbaikan sarana dan prasarana serta pengumpulan bukti untuk memenuhi kriteria-kriteria yang terdiri dari core criteria yaitu teaching, employability, internasionalization, academic development and learning environment-facilities, serta advance criteria: innovation dan inclusiveness, dan program strength. Bulan Oktober 2023 dilakukan proses audit, validasi, konfirmasi interim report dan hasil diperoleh pada 16 Februari 2023.

“Apresiasi juga diberikan untuk semua Wakil Rektor yaitu Prof. Ferdy S. Rondonuwu [WR Pengajaran, Akademik dan Kemahasiswaan], Priyo Hari Adi, SE, M.Si, Ph.D [WR Keuangan, Infrastruktur dan Perencanaan]. Prof. Dr. Ir Eko Sediono [WR Riset, Inovasi dan Kewirausahaan], dan Prof. Yafet Yosafet Wilben Rissy, Ph.D [WR Kerja Sama dan Kealumnian] dan semua pimpinan fakultas yang solid mewujudkan target demi target dalam langkah menuju World Class University,” ujar Rektor Intiyas.

Ketua Pengurus Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Satya Wacana (YPTKSW) Drs. M.Z. Ichsanudin, dalam pernyataannya juga turut menyampaikan rasa bahagianya. “Ikut berbahagia, selamat atas prestasi yang diraih oleh UKSW,” katanya.

Rating bintang 3 ini menjadi pengakuan internasional atas kualitas UKSW dan menjadi pemompa semangat untuk terus meningkatkan kualitasnya sehingga semakin diakui di kancah internasional. Akhir tahun lalu, selain mengikuti QS Stars Rating, UKSW juga melakukan submission untuk AppliedHE University Ranking: ASEAN Public & Private dan juga submission ke THE serta UI GreenMetric.

Rekomendasi
Berita Lainnya