SOLOPOS.COM - Ilustrasi Bus Trans Jateng. (Espos/Moh. Khodiq Duhri)

Solopos.com, SEMARANG — Kabar gembira bagi warga Soloraya, khususnya Kota Solo dan Kabupaten Wonogiri. Hal ini menyusul bakal segera beroperasinya Bus Trans Jateng rute Solo-Wonogiri, tepatnya pada bulan Agustus 2023 nanti.

Kepala Balai Transportasi Jawa Tengah (Jateng), Joko Setyawan,mengatakan ada 14 bus yang telah dipersiapkan untuk melayani rute Solo-Wonogiri itu. Selain 14 bus itu, juga disiapkan satu unit bus sebagai bus cadangan. Ke-15 bus yang menjadi armada Bus Trans Jateng rute Solo-Wonogiri itu saat ini tengah dipersiapkan, khususnya di sektor interior pada karoseri Gunung Mas Madiun.

Promosi BRI Peduli Ini Sekolahku, Wujud Nyata Komitmen BRI Bagi Kemajuan Pendidikan

Selain menyiapkan armada, Joko mengaku pihaknya juga sedang mempersiapkan fasilitas dan infrastruktur pendukung seperti pembenahan terminal dan pembangunan halte.

“Untuk operator sudah siap sejak Maret 2023. Sekarang mereka sedang menyelesaikan pembuatan bus. Sambil jalan, terkait persiapan halte, dalam waktu dekat juga kemudian kru layanan yang akan melayani jalur tersebut,” ujarnya, Jumat (19/5/2023).

Trans Jateng rute Solo-Wonogiri memiliki 60 pemberhentian dan 121 halte. Rute bus ini dimulai dari Terminal Tirtonadi Solo menuju Terminal Sukoharjo, kemudian ke Terminal Tipe A Wonogiri, dan berakhir di Terminal Tipe C Wonogiri.

Terkait operator bus, Joko mengatakan sudah bekerja sama dengan operator lokal yang nantinya akan tergabung dalam konsorsium. Hingga saat ini, sudah ada tujuh operator lokal yang bergabung dalam konsorsium tersebut.

“Setahun sebelumnya kami sudah sosialisasi dengan masyarakat dan operator eksisting atau lokal. Mereka yang bergabung ada tujuh operator,” paparnya.

Dalam konsorsium, operator bus lokal berperan pada beberapa bagian. Di antaranya sebagai investor operator, menyumbang tenaga kru, dan pengawasan bus.

“Kami tidak meninggalkan [operator bus lokal], karena itu memang operator bus lokal bus Wonogiri. Operator lokal seolah-olah menjadi penonton, tidak. Tapi operator lokal itu masuk dalam konsorsium layanan,” imbuhnya.

Selain menggandeng operator lokal, Pemprov Jateng juga mengajak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri dalam layanan transportasi Bus Trans Jateng itu.

“Kami sudah menyampaikan kepada beliau [Bupati Wonogiri] dan beliau bisa menerima dan mendukung. Salah satu dukungannya terminal tipe C nya dibangun oleh Pemkab Wonogiri,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya