SOLOPOS.COM - Kacang Listrik Jepara (Sumber: Jepara.go.id)

Solopos.com, JEPARA — Selain dikenal dengan seni ukirnya, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah rupanya juga memiliki oleh-oleh kuliner dengan nama yang sangat unik, yaitu kacang listrik. Jika mendengar namanya, hal yang pertama terlintas dalam pikiran adalah kacang tersebut diolah menggunakan daya listri, tapi sebenarnya tidak sama sekali.

Dilansir dari Jepara.go.id, Jumat (18/3/2022), kacang listrik sebenarnya adalah olahan kacang pipilan yang disangrai dengan pasir pantai berwarna putih. Sedangkan untuk bumbu menggunakan bawang putih, garam, gula, dan bumbu-bumbu lainnya yang memberikan sensasi rasa gurih. Secara nilai gizi, kacang listrik ini bisa dikatakan sehat dan cocok dijadikan menu diet.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Baca juga: Jadi Penganan Khas, Ini Asal Usul Jenang Kudus

Proses pembuatannya sangat sederhana, kacang pipilan yang berwarna putih dibersihkan, sementara itu bumbu yang diperlukan dihaluskan. Kemudian siapkan pasir pantai putih yang juga sudah dibersihkan dengan dipanaskan disterilisasi. Setelah itu, kacang dilumuri dengan bumbu yang sudah dihaluskan lalu  digoreng dalam pasir di wajan dengan suhu panas sebesar 90 derajat celsius selama 45 menit.

Secara teknis, kacang mengandung sejumlah minyak di dalamnya dan saat disangrai dengan menggunakan pasir sebagai pengganti minyak, kandungan minyak dalam kacang itu bisa terserap oleh pasir. Hal ini membuat kacang listrik memiliki tekstur yang renyah. Hal ini juga yang membuat menggoreng kacang dengan metode tersebut lebih menyehatkan karena dapat mengurangi kadar minyak di dalamnya.

Baca juga: Horor! Gadis Karanganyar Tersesat di Hutan Larangan Grobogan

Kacang listrik khas Jepara yang juga dikenal dengan nama kacang oven ini biasanya dikemas dalam ukuran 250 gram hingga 500 gram agar mudah dibawa. Harganya berkisar antara Rp12.000 hingga Rp27.000. Kacang ini bisa dapat dengan mudah didapatkan di pusat oleh-oleh yang ada di Kabupaten Jepara.

Untuk menambah variasi, kacang listrik ini hadir dalam berbagai varian rasa yang menarik. Selain gurih, ada juga yang varian pedas dan masih banyak varian lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya