SOLOPOS.COM - Salah satu faktor yang membuat kampung ini menjadi juara adalah karena kekompakan para kadernya. (rembangkab.go.id)

Solopos.com, REMBANG – Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Abadi Desa Tegaldowo, Kecamatan Gunem, Kabupaten Rembang, menjadi Kampung KB Terbaik ke-3 di tingkat Jawa Tengah (Jateng). Salah satu faktor yang membuat kampung ini menjadi juara adalah karena kekompakan para kadernya.

Plt Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (Dinsos PPKB), Prapto Raharjo, Kamis (27/4/2023), mengungkapkan target minimal saat Rembang lolos penilaian evaluasi provinsi adalah juara 3. Pasalnya, ada pesaing kuat yaitu Kota Semarang dan Kota Solo yang juga dianggap bagus.

Promosi Keren! BRI Jadi Satu-Satunya Merek Indonesia di Daftar Brand Finance Global 500

Prapto mengungkapkan dari informasi yang diterimanya, ada beberapa hal yang mengangkat nilai Kampung KB Abadi Tegaldowo. Salah satunya yakni kekompakan para kader.

“Menurut tim penilai, yang bagus itu beberapa di antaranya karena kekompakan dari para kadernya. Kemudian kegiatan-kegiatan kelompok kegiatannya juga berjalan dengan bagus,” tuturnya, dilansir rembangkab.go.id, Kamis (27/4/2023).

Sejumlah poin yang dievaluasi di antaranya kelompok kegiatan, sumber daya pendukung seperti keterlibatan dunia usaha dan kebijakan dari pemerintah kabupaten terhadap perkembangan kampung KB dan progres kampung KB itu sendiri.

Verifikasi lapangan sudah dilakukan pada 10 April 2023 lalu. Tim penilai evaluasi Kampung KB Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng datang ke Desa Tegaldowo. Selain Rembang, tim juga menilai langsung lima dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Setelah beberapa pekan barulah pengumuman dikeluarkan. Perwakilan dari Rembang berhasil menempati urutan ke-3 dari 6 kabupaten/Kota yang lolos. Hasil akhir dari penilaian lomba tersebut adalah Juara 1 diraih Kampung KB Kokolaka Kelurahan Jatirejo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang, lalu Juara 2 diraih Kampung KB Pelangi Kecamatan Nguter Kabupaten Sukoharjo.

Sedangkan Juara Harapan 1 diraih Kampung KB Soesera Kasih Kelurahan Sondakan Kota Solo, Juara Harapan 2 Kampung KB Citra Lestari Kelurahan Padukuhan Kraton Kota Pekalongan dan disusul Juara Harapan 3 ditempati Kampung KB Serasi Desa Sidasari Kabupaten Cilacap.

Ketua Kelompok Kerja Kampung KB, Dwi Joko Supriyanto, memaparkan Desa Tegaldowo tak hanya sekali mengukir prestasi. Sejumlah prestasi sudah berulang kali ditorehkan Desa Tegaldowo, baik di tingkat Provinsi Jateng maupun tingkat nasional.

Penghargaan yang telah diterima warga Desa Tegaldowo meliputi Juara 1 Lomba Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2020, dinobatkan sebagai Desa Mandiri oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi tahun 2023, pelaksana terbaik kesatuan gerak PKK Provinsi Jawa Tengah tahun 2020 dan pelaksana terbaik SDGs tingkat nasional.

Lebih lanjut, Plt Kadinsos PPKB yang juga menjabat sebagai Kepala Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Rembang itu menyebut tim penilai tertarik dengan kegiatan hatinya Tim penggerak PKK di Tegaldowo. Program hatinya PKK berupa kebun sayur dan buah- buah.

”Kebun sayur dan buah dari program hatinya PKK di Tegaldowo ini memiliki area sendiri. Sayur dan buah di sana tumbuh dengan baik,” kata dia.

Dengan keberhasilan Tegaldowo, dia berharap dapat menginspirasi yang lainnya untuk memajukan Kampung KB. Dwi Joko juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung Kampung KB Abadi Tegaldowo selama ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya