SOLOPOS.COM - Ilustrasi aktivitas bandara.(JIBI/Solopos/Antara/Andika Wahyu)

Solopos.com, SEMARANG — Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Jawa Tengah (Jateng) meminta penerbangan langsung internasional ke bandara-bandara yang ada di Jateng kembali dibuka. Dengan dibukanya penerbangan internasional itu diharapkan memberi dampak positif bagi sektor pariwisata di Jateng pada tahun 2024 ini.

“Kami sudah bersurat ke Pemprov [Jateng] serta maskapai penerbangan agar rute langsung penerbangan internasional ke Jawa Tengah kembali dibuka,” kata Ketua Kadin Jateng, Harry Nuryanto, saat kegiatan coffee morning bersama pengusaha dan pegiat wisata di Semarang, Kamis (1/2/2024).

Promosi Cuan saat Ramadan, BRI Bagikan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

Menurut dia, pembukaan penerbangan langsung internasional akan mendorong peningkatan jumlah wisata asing yang berkunjung ke Jateng. Oleh karenanya, ia pun berharap pemerintah bisa menindaklanjuti usulan tersebut melalui kebijakan yang disiapkan.

Selain itu, ia juga mendorong maskapai penerbangan untuk kembali membuka penerbangan internasional di dua bandara di Jawa Tengah. Menurut dia, maskapai penerbangan masih mempertimbangkan aspek bisnis dari pembukaan penerbangan internasional tersebut.

Ia menegaskan Kadin Jawa Tengah siap bersinergi bersama pemerintah provinsi setempat dalam mengembangkan pariwisata.

Sementara itu Asisten Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Jawa Tengah, Sujarwanto Dwiatmoko, mengatakan pariwisata provinsi ini dari tahun ke tahun semakin berkualitas. Indikator tersebut, kata dia, didasarkan pada tingginya tamu yang menginap di hotel-hotel berbintang.

Salah satu potensi wisata yang dikembangkan di Jawa Tengah ke depan, menurut dia, yakni wisata budaya yang mengangkat tradisi masyarakat provinsi ini. “Buat paket-paket wisata yang mengangkat potensi budaya, maka akan lebih banyak lagi wisatawan yang berkunjung,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya