SOLOPOS.COM - Pemandangan di kawasan Kampoeng Teh Semugih Pemalang. (Istimewa/Instagram @rinaarrasyid)

Solopos.com, PEMALANG — Siapa yang tak kenal dengan Pemalang? Salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang terletak di pantai utara Pulau Jawa ini dikaruniai pesona alam yang luar biasa.

Menyimpan potensi sumber daya alam (SDA) dengan panorama eksotisme alamnya, segala tanaman yang berada di Pemalang tumbuh segar dengan rimbunnya. Dengan pesona alam yang berlimpah, sayang sekali rasanya bila tidak diperkenalkan kepada dunia.

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

Sejumlah destinasi wisata berbasis alam pun telah dipamerkan dan tengah digandrungi oleh masyarakat. Salah satunya bernama Kampoeng Teh Semugih.

Berlokasi di Jalan Raya Moga-Pulosari KM 02, Desa Banyumudal, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang, Kampoeng Teh Semugih ini berhasil menarik pengunjung dan menjadikannya sebagai destinasi wisata yang diminati oleh pengunjung. Terletak di dataran rendah yang subur, perkebunan teh di kawasan ini menawarkan pesona alam yang memukau.

Dilansir oleh laman website jadesta.kemenparekraf.go.id pada Rabu (9/8/2023), Kampoeng Teh Semugih ini dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara IX. Total luasan di objek wisata ini mencapai 400 hektare. Rinciannya, lahan seluas 280 hektare untuk perkebunan teh dan sarana wisata dan bagian yang tersisa dalam tahap regenerasi.

Berdasarkan informasi yang didapat dari website visitjawatengah.jatengprov.go.id, pengunjung bisa mengikuti atraksi utama dengan tur pabrik teh. Terdapat pabrik pengelolaan teh, pengunjung memiliki kesempatan untuk melihat secara langsung proses pembuatan teh hitam di Kampoeng Teh Semugih.

Selain keindahan alamnya melalui hamparan dedaunan teh hijau yang menyegarkan, apabila cuaca cerah dan mendukung, pengunjung bisa mendapati eksotisme pemandangan Gunung Slamet yang gagah menjulang tinggi di kejauhan. Pemandangan ini menjadi latar yang sempurna untuk berjalan-jalan santai sambil menyerap keindahan alam yang menenangkan.

Perkebunan yang terletak di selatan Pemalang ini jadi tempat andalan untuk melakukan perkemahan Pramuka dan lainnya. Dilengkapi dengan fasilitas penunjang seperti penginapan, wahana outbound, flying fox, gazebo untuk bersantai, lapangan tenis dan voli, musala, hingga jembatan gantung.

Fasilitas akomodasi yang nyaman juga telah disediakan di Kampoeng Teh Semugih. Hal itu memungkinkan wisatawan untuk menghabiskan waktu yang lebih lama mengeksplorasi pesona tempat ini.

Udara segar dari perkebunan teh dan keindahan alamnya menciptakan lingkungan yang sempurna untuk merelaksasi pikiran dan merekatkan kembali hubungan dengan alam. Dengan kombinasi wisata edukasi alam yang informatif, Kampoeng Teh Semugih berhasil menciptakan ketenangan yang jauh dari hiruk-pikuk perkotaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya