SOLOPOS.COM - Ilustrasi rumah penduduk di Kampung Sodong, Banyumas. (Youtube)

Solopos.com, BANYUMAS —  Kampung Sodong merupakan perkampungan di Desa Kemawi, Kecamatan Somogede, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah (Jateng). Kampung Sodong di Banyumas ini tergolong daerah yang terisolasi atau desa terpencil karena letaknya berada di balik lembah atau perbukitan.

Selain letaknya yang terpencil, keunikan kampung ini adalah penduduknya yang mayoritas berusia lanjut atau kaum lansia.

Promosi BRI Perkuat Kolaborasi Strategis dengan Microsoft Dorong Inklusi Keuangan

Diolah dari berbagai sumber, untuk menuju Kampung Sodong di Banyumas harus menempuh rute yang cukup ekstrem. Medan yang sulit membuat perjalanan menuju kampung ini tergolong sulit.

Jalan menuju Kampung Sodong, desa terpencil di Banyumas ini cukup ekstrem. Meski jalan sudah dicor semen, terapi pinggirannya masih ditumbuhi lumut. Hal ini membuat jalan menjadi licin. Mendekati permukiman penduduk, jalan menjadi tanah berbatu. Ketika hujan, jalan menjadi licin.

Tetapi di sana terdapat jembatan yang digunakan untuk menyeberangi sungai kecil. Jembatan itu terbuat dari kayu yang seadanya. Kayu tersebut mudah lapuk bila terkena air dan udara dingin. Kontur jalan menuju Kampung Sodong di Banyumas ini cenderung menurun.

Dilansir dari beberapa sumber, jika ditotal, secara keseluruhan permukiman Kampung Sodong hanya terdiri dari 11 rumah saja. Setiap rumah juga jaraknya cukup jauh. Hal menarik dari kampung ini adalah penduduknya. Di mana penduduk Kampung Sodong kebanyakan adalah warga lansia dan paruh baya. Sebagian besar dari mereka bekerja sebagai petani. Sedangkan para remaja memutuskan untuk merantau ke kota besar.

Rumah-rumah di Kampung Sodong berdinding semen. Ada juga yang terbuat dari papan atau anyaman bambu. Sedangkan lantainya masih menggunakan tanah. Tetapi ada juga beberapa rumah yang mulai meninggalkan desain tradisionalnya. Lantai rumahnya sudah mulai memakai keramik yang dipoles rapi dengan cat. Karena letaknya yang tersembunyi, sangat sulit mendapat sinyal internet di kampung ini.

Tetapi untuk sumber penerangan, rumah-rumah di Kampung Sodong, yang merupakan desa terpencil di Banyumas itu, sudah mendapat bantuan listrik dari desa tersebut. Bahkan bisa dibilang warga kampung ini sudah melek teknologi. Terbukti dari adanya warga yang sudah memasang jaringan internet atau wifi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya