SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Kampus di Semarang, yakni Udinus, menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi dari California, AIU.

Semarangpos.com, SEMARANG – Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang kembali menggelar kerja sama dengan perguruan tinggi dari luar negeri. Kali ini, Udinus menggandeng perguruan tinggi dari California, Amerika Serikat, yakni Alliant Internasional University (AIU).

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

Penandatanganan nota kesepahaman antara Udinus dengan AIU itu dilakukan di Ruang Sidang Rektorat Gedung G Lantai I, kampus Udinus, Semarang, Senin (23/1/2017).

Dari pihak Udinus, penandatanganan dilakukan Wakil Rektor IV Bidang Riset dan Kerja Sama Udinus, Pulung Nurtantio Andono, sedangkan Professor of Clinical Psychology AIU, Suni Petersen, mewakili pihak AIU California.

Kedua kampus itu sepakat menjalin kerja sama dalam riset kesehatan, pendampingan untuk proposal Grant Internasional, dan publikasi jurnal internasional.

Suni menyebutkan pihaknya akan berada selama 40 hari di kampus Udinus. Selama di Semarang, mereka bersama beberapa dosen dari Fakultas Kesehatan Udinus akan mengadakan riset di Kalibening, Banjarnegara guna mempelajari serta menilai perilaku kesehatan masyarakatnya.

“Ada beberapa hal yang akan kami teliti, di antaranya pola menyusui, nutrisi anak, penggunaan jamban sehat, hingga perilaku merokok masyarakat Kalibening,” beber Suni dalam siaran pers kepada Semarangpos.com, Senin.

Jika data telah diperoleh, para peneliti itu akan mengambil langkah-langkah konkret, berupa menggelar pelatihan bagi kader kesehatan, memberikan edukasi keluarga, lalu mengukur tingkat keberhasilan tindakan itu.

“Kami berharap riset ini dapat mengubah pola hidup masyarakat menjadi lebih sehat. Seperti yang sudah saya lakukan di beberapa negara, yang juga bekerja sama dengan peneliti setempat. Para dosen sekaligus peneliti di Udinus ini sangat kooperatif, sehingga saya sangat optimistis berhasil,” beber Suni.

Kerja sama antara Udinus dengan AIU California ini disponsori sebuah lembaga kerja sama Indonesia-Amerika Serikat, Fullbright Specialist Aminef. Kerja sama ini bertujuan memberikan pengalaman bagi kampus-kampus di Indonesia dalam hal kerja sama riset dengan para peneliti dari luar negeri.

“Kedatangan Suni Petersen yang merupakan salah seorang guru besar ilmu kesehatan di California ini diharapkan dapat membawa banyak manfaat bagi kampus kami. Selain penelitian yang diadakan, diharapkan dapat menaikan ranking riset Udinus Semarang serta menambah publikasi jurnal internasional,” terang Dekan Fakultas Kesehatan Udinus, Sri Andarini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya