SOLOPOS.COM - Ilustrasi Desa Wisata Kandri di Kota Semarang. (jadesta.kemenparekraf.go.id)

Solopos.com, SEMARANG — Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah (Jateng) telah mengumumkan nomine 10 desa wisata terbaik yang masuk dalam Gelar Desa Wisata Jawa Tengah 2022. Dari 10 desa itu salah satunya adalah Desa Kandri yang berada di Kota Semarang.

Menukil dari jadesta.kemenparekraf.go.id, Senin (21/11/2022), Desa Wusata Kandri terletak di Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. Desa ini ditetapkan sebagai desa wisata berbasis daya tarik alam dan daya tarik budaya berdasarkan SK Wali Kota Semarang No. 556/407 tanggal 21 Desember 2012.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Desa Wisata Kandri memiliki sederet potensi alam yang mampu menjadi magnet bagi wisatawan. Salah satunya adalah objek wisata Gua Kreo yang terletak di sebuah pulau kecil di tengah Waduk Jatibarang.

Gua Kreo dihuni ratusan monyet ekor panjang yang sudah jinak. Selain Gua Kreo, di Desa Wisata Kandri Kota Semarang juga terdapat potensi wisata buatan berupa Waduk Jatibarang yang dilengkapi dengan perahu wisata, Plaza Kandri, hingga lokasi pemancingan.

Desa Kandri juga memiliki potensi wisata lain berupa ekowisata dan eduwisata yang diperuntukkan bagi semua kalangan umur. Selain itu, di desa ini juga banyak terdapat sarana dan prasarana pendukung lainnya seperti homestay, kebun buah, sanggar seni Omah Alas, kereta wisata, camping ground, river tubing, hingga lokasi outbond.

Baca juga: Nomine 10 Desa Wisata Terbaik di Jateng 2022, Dua dari Soloraya

Selain potensi alam, Desa Wisata Kandri, Kota Semarang, yang masuk nomine desa wisata terbaik dalam Gelar Wisata Jawa Tengah (Jateng) 2022 juga memiliki potensi seni dan kebudayaan yang tak kalah menarik. Potensi seni dan budaya itu dikemal dalam kegiatan tahunan seperti Kirab Budaya Sesaji Rewanda, Mahakarya Legenda Gua Kreo, Nyadran Desa, Nyadran Kubur, Nyadran Kali, Barikan, dan Sedekah Waduk.

Sementara itu, berdasarkan laman visitjawatengah.jatengprov.go.id, ada 27 desa wisata di Jateng yang mengikuti ajang apresiasi desa wisata tingkat Provinsi Jateng. Namun dari 27 desa wisata itu hanya 10 yang masuk nomine Gelar Desa Wisata Jawa Tengah 2022.

Ke-10 desa wisata akan diseleksi untuk menentukan yang menjadi terbaik. Pengumuman pemenang Gelar Desa Wisata Jawa Tengah 2022 akan digelar di Gerbang Gajah Desa Wisata Kembanglimus, Kabupaten Maggelang, Sabtu (26/11/2022).

Baca juga: Selamat! Desa Ini Didapuk Jadi Desa Wisata Terbaik di Jateng

Berikut daftar 10 desa wisata yang masuk nomine desa wisata terbaik dalam Gelar Desa Wisata Jawa Tengah 2022:

  1. Desa Wisata Giyanti, Kabupaten Wonosobo,
  2. Desa Wisata Kandri, Kota Semarang,
  3. Desa Wisata Conto, Kabupaten Wonogiri,
  4. Desa Wisata Dawuhan, Kabupaten Banjarnegara,
  5. Desa Wisata Muncar, Kabupaten Semarang,
  6. Desa Wisata Sambongrejo, Kabupaten Blora,
  7. Desa Wisata Somongari, Kabupaten Purworejo,
  8. Desa Wisata Karangrejo, Kabupaten Magelang,
  9. Desa Wisata Pekunden, Kabupaten Banyumas,
  10. Desa Wisata Sidowarno, Kabupaten Klaten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya