SOLOPOS.COM - Tampilan kapal bertenaga surya buatan mahasiswa Undip Semarang. (Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG – Sekelompok mahasiswa Fakultas Kelautan Universitas Diponegoro (Undip) yang tergabung dalam tim Research of Marine Technology Diponegoro University (RMT Undip) sukses menciptakan kapal bertenaga panel surya. Solar boat ini diberi nama Diponegoro 1.0 dan perakitannya dilakukan lewat kolaborasi anggota tim RMT Undip yang terdiri dari para mahasiswa berbagai jurusan.

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Undip, Faisal, mengatakan kapal bertenaga panel surya buatan mahasiswa Undip Semarang ini rencana diikutsertakan dalam ajang lomba di Monako, Juli 2023 nanti.

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

“Nama lombanya Monaco Energy Boat Challenge. Undip tentu saja sangat bangga, mahasiswa kita memiliki kontribusi yang tidak hanya berskala universitas, tapi sudah berskala dunia,” kata Faisal, Rabu (28/12/2022).

Faisal mengatakan keyakinannya, jika kesuksesan merakit kapal panel surya oleh tim riset RMT Undip ini melecut semangat sekaligus menginspirasi di bidang pendidikan, penelitian dan dunia industri di Indonesia.

“Terlebih kapal panel surya karya mahasiswa Kelautan Undip bisa berperan aktif dalam membantu mengembangkan energi baru terbarukan [EBT] dan mendukung zero emission. Undip selama tiga tahun berturut-turut dinobatkan sebagai Perguruan Tinggi Berkelanjutan Terbaik ke-2 di Indonesia pada UI Green Metric Rankings 2022,” tutur Faisal.

Baca juga: Undip Pertimbangkan Salurkan Dana Abadi ke Badan Wakaf Indonesia

Ditemukannya kapal bertenaga surya ini disebut Faisal sebagai hasil dari upaya Undip dalam mengembangkan EBT yang bersumber pada tenaga surya atau tenaga matahari. Ini sebagai wujud implementasi dari Sustainable Development Goals (SDGs).

Dalam mewujudkan karyanya, RMT pun disebut Faisal turut dibantu sejumlah sponsor demi perbaikan pengembangan produk. Sementara, pihak kampus selalu mendukung para mahasiswa yang menghasilkan karya inovatif lainnya.

“Termasuk dukungan berupa mengupayakan bagaimana memperkuat pendanaan sehingga mereka tidak terkendala dalam melakukan riset inovasi,” tuntas Faisal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya