SOLOPOS.COM - Ilustrasi kapal terbalik. (Freepik.com)

Solopos.com, JEPARA — Kapal LCT Cipta Harapan IX ditemukan terbalik di perairan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Enam orang anak buah kapal (ABK) berhasil diselamatkan, sementara lima orang lainnya masih dilaporkaan hilang.

Berdasarkan informasi yang diterima Solopos.com, kapal yang mengangkut alat berat itu ditemukan pada Rabu (14/6/2023). Lokasi kapal tersebut ditemukan di koordinat 109’47, 235’E 5’39.430’S 30 mil barat Pulau Kembar, Desa Parang, Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara.

Promosi Digitalisasi Mainkan Peran Penting Mendorong Kemajuan UMKM

Kepala Basarnas Kantor SAR Semarang, Heru Suhartanto, mengaku telah menerjunkan KN SAR Sadewa sejak Rabu (14/6/2023) untuk mengevakuasi korban kapal tersebut.

“Kalau angin ini kan dari timur laut ke selatan. Berarti kebuangnyaaa, kalau kemarik tarik garis lurus ada di atas Pekalongan. Mengarahnya ke Pekalongan, Tegal, atau Cirebon,” ujar Heru, Kamis (15/6/2023).

Ia menjelaskan, pada Rabu siang, lima ABK kapal tersebut telah diselamatkan Kapal MV Sinar Sejati 2 yang tengah melintaas. Mereka melihat ada lima ABK yang mengapung dengaan alat apung kemudian diselamatkan.

Sementara, satu ABK lainnya diselamatkan KM Kargo SK3. “Kemarin yang enam selamat. Harapan kita juga yang lain bisa selamat dengan alat bantu apung. Mereka ditemukan di sekitar Pulau Rakit,” jelasnya.

Sekadar informasi, Kalal LCT Cipta Harapan IX berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok tujuan Halmahera, Maluku, pada Jumat (9/6/2023). Meski demikian, kapal itu hilang kontak paada Senin (12/6/2023) malam.

Kapal tersebut kemudian ditemukan dua orang nelayan yang tengaah mencari ikan dalam kondisi terbalik di perairan Karimunjawa. Kedua orang itu kemudian melaporkan penemuan itu ke perangkat desa setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya