SOLOPOS.COM - Kadiv Propam nonaktif Irjen Pol Ferdy Sambo tiba untuk menjalani pemeriksaan di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Kamis (4/8/2022). Irjen Pol Ferdy Sambo memenuhi panggilan Bareskrim Polri untuk diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan tindak pidana polisi tembak polisi di rumah dinasnya yang menewaskan Brigadir J. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/pras.

Solopos.com, SOLO — Nama Irjen Ferdy Sambo dan jejak kariernya beberapa hari ini menjadi perbincangan publik setelah kasus kematian Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J yang menurut berbagai pihak mengalami kejanggalan.

Ferdy Sambo ternyata pernah berkarier di Jawa Tengah, tepatnya di Brebes dan Purbalingga. Dalam catatan yang pernah diulas Solopos.com, Ferdy Sambo sempat menjadi Kapolres Purbalingga pada 2012 dan Kapolres Brebes pada 2013.

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

Sebelum bertugas di Jawa Tengah, dalam perjalanan Ferdy Sambo, dia juga pernah menjadi Wakapolres Sumedang di Jawa Barat pada 2007. Jauh sebelum itu, dia juga pernah menjadi Kasat Reskrim Polres Bogor Polda Jabar pada 2003.

Setelah nama dia melesat di berbagai daerah, termasuk Jawa Tengah, karier Ferdy Sambo terus naik dengan menjabat Wadirreskrimum Polda Metro Jaya pada 2015, Kasubdit IV Dittipidum Bareskrim Polri pada 2016 dan Koordinator Spripim Kapolri. Terakhir, dia menjabat sebagai Kadiv Propam Polri pada 2020.

Baca Juga: Apa Itu Pati Yanma Polri, Jabatan Baru Irjen Ferdy Sambo?

Namun, Ferdy Sambo kini dimutasi menjadi Pati Yanma Polri buntut dari kasus kematian Brigadir J. Mutasi tersebut tertuang dalam Telegram nomor 1628/VIII/KEP/2022/4 Agustus 2022. Selain Ferdy Sambo, ada 24 personel polisi lainnya yang dimutasi.

Pati Yanma Polri jabatan baru Ferdy Sambo merupakan salah satu bagian dari tubuh Kapolri yang berfungsi sebagai unsur pelayanan dan bertugas melakukan pembinaan serta pelayanan umum di markas.

Baca Juga: Malam Jumat Baca Surat Yasin atau Al-Kahfi? Ini Jawaban NU

Tugas utama dari Ferdy Sambo, pria yang pernah berkarier sebagai kapolres di Jawa Tengah ini adalah menyelenggarakan pelayanan markas, antara lain pelayanan angkutan, perumahan, pengawalan protokoler, penjagaan markas, dan urusan dalam di lingkungan Polri.

Sebagai informasi, Ferdy Sambo lahir di Barru, Sulawesi Selatan pada 9 Februari 1973. Dia merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) pada 1994.

Baca Juga: Sejarah Bendera Merah Putih, Ternyata Dikenal Sejak Pra Sejarah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya