SOLOPOS.COM - Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu meluncurkan Kartu Semarang Hebat di depan Balai Kota, Jl. Pemuda No. 148, Semarang, Jateng, Jumat (17/2/2017). (Facebook.com-Inne Nilasari)

Kartu Semarang Hebat diluncurkan Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang untuk mempermudah pelayanan terhadap masyarakat.

Semarangpos.com, SEMARANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang telah meluncurkan Kartu Semarang Hebat tepat setahun masa pemerintahan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu di depan Balai Kota, Jl. Pemuda No.148, Sekayu, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Jumat (17/2/2017). Namun tampaknya pihak Pemkot Semarang kurang melakukan sosialisasi tentang fungsi kartu tersebut.

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

Hal itu terbukti dengan khalayak dunia maya (netizen) Kota Semarang yang kebingungan tentang fungsi kartu tersebut. Kebingungan itu ramai diungkapkan netizen di grup Facebook Media Informasi Kota Semarang (MIK Semar).

“Kehebatannya [Kartu Semarang Hebat] apa?” tulis pengguna akun Asha Narumi dalam kolom komentar di kiriman milik pengguna akun Inne Nilasari yang mengabarkan peluncuran kartu tersebuut.

“Terus fungsinya apa? Buat siapa? Kok enggak ada sosialisasinya,” tulis pengguna akun Kusry Rjeky.

Selain bingung mengenai fungsi Kartu Semarang Hebat yang diluncurkan Pemkot Semarang, netizen juga tak mengetahui cara mendapatkan kartu tersebut. “Kartu opo to kuwi. Gratis opo bayar nek gawe iku gan [Kartu apa itu? Pembuatannya gratis atau bayar?],” tulis pengguna akun Vina Nana.

Meski banyak netizen yang kebingungan, ada juga segelintir netizen yang mengaku mengerti fungsi dan cara mendapatkan kartu tersebut. Mereka yang mengaku mengetahui, mengungkapkan bahwa kartu itu berguna untuk mendapatkan diskon di sejumlah pusat perbelanjaan di Kota Semarang.

Padahal, Hendi—sapaan akrab sang wali kota—saat meluncurkan kartu tersebut memaparkan Kartu Semarang Hebat dapat menjadi bukti bagi warga miskin untuk mendapatkan bantuan sosial. Selain itu, Kartu Semarang Hebat juga bisa dimanfaatkan untuk membayar rekening tabungan debet, telepon, listrik, retribusi jalan tol, parkir, dan pajak.

Sementara itu, netizen sok tahu lantas mengungkapkan jika Kartu Semarang Hebat hanya dapat dimiliki orang kaya. “Kui kartune wg sugih sg seneng jln2, shopping, nonton [Itu kartunya orang kaya yang suka jalan-jalan, belanja, dan nonton film],” tulis pengguna akun Meysa Sakira.

Kartu ini memang dapat digunakan untuk berbelanja karena juga berfungsi sebagai kartu debet. Namun soal diskon yang dipaparkan netizen, tidak ada dalam penjelasan sang wali kota.

Dikabarkan Semarangpos.com sebelumnya, kartu yang dikeluarkan Pemkot Semarang yang bekerja sama dengan Bank Jateng dan BNI itu dimaksudkan untuk mempermudah pelayanan terhadap masyarakat Kota Semarang. Tak seperti kata netizen yang menyebut hanya orang kaya yang bisa memiliki kartu tersebut, namun Kartu Semarang Hebat juga dapat dimiliki masyarakat kurang mampu untuk mendapatkan bantuan sosial. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya