SOLOPOS.COM - Masjid Taqwa Sekayu yang diklaim sebagai masjid tertua di Jawa Tengah. (Google/Johanes Anggoro)

Solopos.com, SEMARANG — Masjid tertua di Jawa Tengah (Jateng), Masjid Taqwa Sekayu ini disebut-sebut mirip dengan Masjid Agung Demak.

Hal ini diperoleh Solopos.com dari keterangan Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang melalui unggahannya di akun Instagram resminya, beberapa waktu lalu.

Promosi BRI Kantor Cabang Sukoharjo Salurkan CSR Senilai Lebih dari Rp1 Miliar

Kemiripan Masjid Agung Demak dengan Masjid Taqwa Sekayu ini ternyata ada sebabnya. Salah satu alasannya karena kedua masjid ini dibangun dalam waktu bersamaan.

Baca Juga:  Stasiun Jebres Disebut Jadi Cikal Bakal Wabah Pes di Solo, Masa Sih?

“Menurut sejarah, masjid ini pernah menjadi Masjid Besar Semarang. Dibantu dalam rangkaian proses Masjid Agung Demak, karena itu bentuknya mirip dengan Masjid Sekayu ini dengan ciri terdapat empat tiang kayu,” jelas pengelola akun Instagram @semarangpemkot mengungkap fakta masjid tertua di Jawa Tengah ini.

Meski dibangun bersamaan, Masjid Taqwa Sekayu diduga selesai terlebih dahulu pada 1413, sedangkan Masjid Agung Demak pada 1420. “Menariknya, Masjid Sekayu yang didirikan pada 1413 Masehi dipercaya sebagai masjid tertua di Jateng, tujuh tahun lebih tua dari masjid Agung Demak yang didirikan pada 1420 M,” bunyi keterangan dalam situs resmi Kelurahan Sekayu Semarang.

Baca Juga:  Selain Jadi Juru Kunci Gunung Merapi, Ini Pekerjaan Mas Asih Sekarang

Hingga sekarang, Masjid Taqwa Sekayu ini telah mengalami beberapa kali renovasi. Meski begitu, empat kayu jati dengan diameter cukup besar masih dipertahankan hingga sekarang.

Menurut informasi yang tayang di akun Instagram @karangtarunahimalaya, masjid yang memiliki gaya arsitektur Jawa ini dibangun oleh Kyai Jamal, seorang ulama asal Cirebon, Jawa Barat. Kyai Jamal merupakan tokoh agama kepercayaan Sunan Gunung Jati.

Baca Juga: Kamu Bisa Dapat Mobil Daihatsu Rocky Seharga Rp120.000, Kok Bisa?

Lalu, di mana lokasi masjid tertua di Jawa Tengah ini?

Masjid Taqwa Sekayu yang sudah ada sejak 1413 ini berlokasi di permukiman padat penduduk di Jalan Sekayu Raya, Sekayu, Semarang Tengah. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari keterangan netizen di Google Review, lokasi masjid ini berada di belakang Thamrin Square di tengah-tengah gedung bertingkat.

Baca Juga:  Oalah, Ini Arti dari Wonogiri, Sudah Tahu Belum?

Salah satu masjid tertua di Semarang. Walaupun berada di tengah gedung bertingkat, namun tidak menghilangkan pesona ikon sekayu ini,” jelas salah satu netizen.

“Letaknya di belakang Thamrin Square. Kalau jam sholat lumayan ramai, kalo pas sholat Jumat sampe gak muat jamaahnya. Harus pinter2 nyari posisi parkir krn tidak ada area parkir khusus masjid,” tambah netizen lainnya.

Baca Juga: Juru Kunci Gunung Merapi Sekarang Ternyata Anak Mbah Maridjan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya