SOLOPOS.COM - Kawah Candradimuka yang berada di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara. (visitjawatengah.jatengprov.go.id)

Solopos.com, BANJARNEGARA — Kawah Candradimuka merupakan kawah aktif di kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara. Meski tak terlalu populer, Kawah Candradimuka tetap menjadi tujuan wisata yang menarik.

Seperti kebanyakan tempat wisata di Dieng, Kawah Candradimuka juga dinamai dengan tokoh pewayangan. Dalam wiracarita Mahabarata, Kawah Candradimuka merupakan kawah tempat lahirnya atau untuk membentuk sosok kesatria yang sakti, yakni Gatotkaca.

Promosi Pelaku Usaha Wanita Ini Akui Manfaat Nyata Pinjaman Ultra Mikro BRI Group

Kawah Candaradimuka di Dataran Tinggi Dieng ini terletak di Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Kawah Candradimuka, salah satu dari banyak kawah yang ada di Dieng.

Menurut berbagai sumber, kawah ini berkaitan erat dengan cerita Gatotkaca. Candradimuka adalah nama tempat dalam kisah wayang Jawa, yang ada di alam kahyangan. Kawah ini nantinya akan melahirkan seorang bayi sakti, bayi ini diceburkan dan digembleng oleh para dewa yang disebut “Jabang Bayi Tetuko” (nama kecil Gatotkaca). Kesatria mahasakti tersebut mendapat julukan “otot kawat balung wesi”, kesatria dari pringgondani yaitu Raden Gatotkaca.

Wisata Kawah Candradimuka Banjarnegara Jawa Tengah merupakan destinasi wisata yang wajib anda kunjungi karena keindahannya yang tak tertandingi. Masyarakat kawasan wisata Kawah Candradimuka, Banjarnegara, Jawa Tengah juga sangat ramah.

Menurut para ahli, ada tiga kawah di objek wisata Kawah Candradimuka ini. Tetapi, kawah tersebut bukanlah kawah gunung berapi, melainkan retakan tanah yang aktif menghasilkan solfatara yang suhunya sangat panas, bahkan suhu air di kawah ini bisa mencapai 100 derajat Celsius.

Wisatawan dapat mengamati kawah dari dekat lubang. Kemudian, bagi yang suka tantangan, cobalah trek ke kawah yang terdapat bebatuan cukup besar untuk menguji adrenalin. Di kawasan Kawah Candradimuka, setiap pengunjung dapat melihat kawah dari jarak terdekat. Kawah yang terbentuk dari retakan tanah ini selalu mengeluarkan gas belerang yang cukup pekat tetapi relatif aman.

Selain kawah, di sisi kanan Kawah Candradimuka juga terdapat sumber air yang dinamakan Adem Semar. Airnya begitu jernih dan menyegarkan. Air ini sering digunakan wisatawan untuk melepas dahaga setelah menempuh perjalanan jauh.

Kawah Candradimuka hingga kini masih dalam keadaan aktif. Lokasi Kawah Candradimuka memungkinkan anda bisa melihat aktivitas kawah dari berbagai sudut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya