SOLOPOS.COM - Penanaman pohon di Kawasan Industri Kendal (KIK) Jawa Tengah (Jateng), Kamis (3/11/2016). (Kendalkab.go.id)

Kawasan Industri Kendal (KIK) menyediakan 10% lahan hijau dari 40% lahan terbukanya.

Semarangpos.com, SEMARANG – Kawasan Industri Kendal (KIK) melalui perwakilan direksi PT KIK, Mifti Haris, mengungkapkan telah menyiapkan 10% lahan hijau dari 40% lahan terbuka yang sudah disediakannya. Hal itu disampaikannya saat menghadiri kegiatan penanaman pohon di Kawasan Industri Kendal (KIK) yang diadakan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Kamis (3/11/2016) pagi.

Promosi Direktur BRI Tinjau Operasional Layanan Libur Lebaran, Ini Hasilnya

“KIK menyiapkan 40% lahannya sebagai lahan terbuka, 10% di antaranya akan dijadikan sebagai taman hijau, dan untuk mengantisipasi gas buang dari dampak industri dibutuhkan pohon, karena dengan banyaknya pohon maka kebutuhan oksigen akan terpenuhi, serta menciptakan KIK sebagai kawasan asri dan hijau yang ramah lingkungan, ini komitmen dari KIK,” terangnya seperti dilansir Kendalkab.go.id.

Penanaman pohon yang mengangkat tema Jateng Ijo Royo-Royo ini juga dihadiri Wakil Bupati Kendal Masyrur Maskur, Sekretaris Daerah (Sekda) Kendal Bambang Dwiyono, Kapolres Kendal AKBP Maulana Hamdan, Kepala Bidang Pengusahaan Hutan Provinsi Jawa Tengah Slamet Rohadi, perwakilan dari investor KIK, serta ratusan pelajar dari madrasah aliyah di Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal. Kegiatan ini dibuka dengan penyerahan pohon secara simbolis oleh Kepala Bidang Pengusahaan Hutan Propinsi Jateng kepada PT KIK didampingi wakil bupati, sekda, dan kapolres Kendal.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Tengah yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengusahaan Hutan Slamet Rohadi berharap kegiatan penanaman pohon itu dapat mencegah berbagai macam bencana alam. “Program penanaman pohon ini sangat baik, makin banyaknya pohon yang ditanam diharapkan tidak lagi terjadi bencana alam seperti longsor, banjir dan jika musim kemarau tidak kekurangan air,” ujarnya

Ia juga berharap masyarakat berperan aktif mendukung program itu. “Program 1 miliar pohon dari pemerintah pusat ini, masyarakat diharapkan ikut berperan aktif untuk menanam pohon baik tanaman pohon yang rindang maupun tanaman yang memberi manfaat bagi masayrakat dan di sekelilingnya. Di KIK ini penanaman pohon untuk mewujudkan kawasan industri yang asri dan ramah lingkungan,” lanjutnya.

Sementara itu, Bupati Kendal Mirna Annisa yang diwakili oleh Sekda Kendal Bambang Dwiyono menyambut gembira kegiatan penanaman pohon tersebut. “Kegiatan bagus ini jangan sampai berhenti di sini saja, kegiatan ini harus berlanjut sampai pada tahap perawatan dan pemeliharaan tanaman, jangan sampai tanaman yang kita tanam hari ini mati,” harapnya. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya