SOLOPOS.COM - Meja milik RA Kartini yang menjadi salah satu barang koleksi di Museum RA Kartini, Kabupaten Rambang. (museumkartinirembang.id)

Solopos.com, REMBANG – Siapa yang tidak mengenal sosok RA Kartini, pahlawan wanita yang terkenal memperjuangkan hak-hak wanita pada masa kolonial Belanda. Peninggalan RA Kartini pun saat ini masih tersimpan rapi di Museum RA Kartini di Kabupaten Rembang.

Raden Ajeng (RA) Kartini lahir di Jepara pada 21 April 1987. Hari kelahirannya hingga kini pun masih diperingati sebagai hari Kartini. Kartini juga ditetapkan sebagai pahlawan nasional berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 108 Tahun 1964.

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

Museum RA Kartini yang terletak di Jalan Gatot Subroto No.8, Rembang, Jawa Tengah (Jateng), menjadi saksi sejarah perjuangan pahlawan emansipasi wanita itu. Museum ini didirkan pada 21 April 1967. Bangunan museum menempati rumah dinas Bupati Rembang yang pernah ditempati R.A. Kartini bersama suaminya saat menjabat sebagai Bupati Rembang tahun 1889-1912.

Dilansir dari visitjawatengah.jatengprov.go.id, awalnya museum ini diberi nama Museum Kamar Pengabdian R.A. Kartini. Setelah revitalisasi pada tahun 2012, Rumah Dinas Bupati Rembang seutuhnya menjadi Museum RA Kartini Rembang. Museum ini dikelola oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Rembang.

Dikutip dari berbagai sumber, koleksi museum ini berjumlah 224 buah yang terbagi menjadi enam jenis. Keenam jenis itu yakni ethografika 61 koleksi, histografika 110 koleksi, filografika 3 koleksi, Keramologika 25 koleksi, teknologinya 5 koleksi, dan seni rupa 20 koleksi.

Bangunan ini didominasi warna hijau putih. Karena dulunya museum ini merupakan tempat tinggal keluarga Kartini maka banyak menyimpan koleksi barang pribadinya seperti seperti tempat tidur, bathub pribadi, tempat jamu, meja makan, mesin jahit, lesung, cermin rias dan juga meja untuk merawat bayi.

Menariknya, di sana juga terdapat ruang yang berisi berbagai karya terkenal. Di antaranya adalah buku Habis Gelap Terbitlah Terang, tulisan tangan surat-surat R.A.Kartini yang dikirimkan ke teman-temannya di luar negeri dan lukisan karyanya serta foto-foto dirinya beserta keluarga semasa beliau hidup. Koleksi unggulan museum ini adalah tulisan Kartini berjudul Kongso Adu Jago.

Untuk menuju ke Museum RA Kartini di Rembang ini cukup mudah. Selain dapat dijangkau dengan kendaraan, lokasi museum ini juga dekat dengan Alun-alun Rembang.

Harga tiket masuk ke Museum RA Kartini juga cukup murah, yakni Rp5.000. Museum ini buka setiap hari Senin-Jumat, pukul 08.00-15.00 WIB. Sementara saat weekend atau Sabtu dan Minggu buka pukul 09.00-15.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya