SOLOPOS.COM - Capres nomor urut 1, Anies Baswedan, saat menyantap lumpia di Toko Lumpia Cik Me Me di Kota Semarang, Senin (5/2/2024). (Solopos.com-Ria Aldila Putri)

Solopos.com, SEMARANG – Calon Presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, menyambangi salah satu toko lumpia legendaris di Kota Semarang, yakni Lumpia Cik Me Me, yang terletak di Jalan Gajah Mada, Senin (5/2/2024). Tak hanya berkesempatan menjajal kudapan khas Semarang, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga berjanji memajukan kuliner lokal agar kian dikenal dunia internasional, jika terpilih sebagai presiden nanti.

Anies ditemui secara langsung Meliani Sugiarto atau Cik Me Me, owner toko lumpia Cik Me Me. Ia pun mencicipi kuliner khas Kota Semarang itu dan memuji cita rasanya.

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Seusia mencicipi kudapan khas Kota Semarang, Anies pun menyatakan komitmennya untuk mendukung eksistensi produk lokar agar bisa go international. “Sore ini saya berjumpa dengan Mas Bathi yang merupakan sosok yang konsisten dengan perjuangannya. Tempatnya pun juga terkenal di Lunpia Cik Me Me yang menjual makanan lokal yakni lumpia, enak lo!,” kata Anies.

Menurutnya, lumpia Cik Me Me bisa menjadi bukti bila produk lokal juga mampu bersaing dngan makanan modern dari luar negeri. Apalagi, lumpia ini sudah diwariskan dari generasi ke generasi.

“Jadi kami berharap agar makanan seperti lumpia ini terus berinovasi sehingga bisa mendunia. Bagaimana makanan khas daerah itu kita dorong untuk lebih eksis, buktinya ini sudah ada,” imbuhnya.

Ia menjelaskan salah satu cara yang bisa dilakukan agar UMKM lokal bisa semakin maju yaitu dengan program kemudahan akses modal bagi pelaku UMKM. Perizinan usaha juga tidak boleh berbelit-belit.

“Tentu ini tidak mudah karena pertama kita mesti sediakan akses modal yang mudah, izin usaha yang tidak berbelit-belit dan pendampingan kepada pelaku usaha. Selama ini usaha UMKM bergerak di sektor informal sehingga perlu mendapatkan perhatian ekstra,” tegasnya.

Sementara itu, Cik Me Me mengaku senang dengan kunjungan Anies. Ia meminta bila Anies terpilih memjadi presiden, ada kemudahan yang diberikan kepada pelaku UMKM, termasuk kemudahan akses modal, izin usaha, dan izin ekspor.

“Saya di sini mewakili para pelaku UMKM di Kota Semarang untuk diberikan, jika nanti Pak Anies nanti jadi presiden, bisa diberikan kemudahan, tidak dipersulit lagi izinnya, diberi kemudahan untuk eksport quality juga bisa dimulai produk lokal UMKM Kota Semarang. Sehingga, kita itu tidak lagi menjadi anak tiri di negeri kita sendiri,” ucapnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya