SOLOPOS.COM - Seorang pria mengumpulkan sampah yang berserakan di Pasar Peterongan, Kota Semarang, Jateng. (Facebook.com-Bagas Fahrurrozi Sutanto)

Kebersihan di beberapa pasar di Kota Semarang dijaga oleh seorang pria yang memunguti sampah menggunakan tangan telanjang.

Semarangpos.com, SEMARANG – Seorang pria yang dikabarkan kerap membersihkan sampah di beberapa pasar di Kota Semarang menjadi sorotan publik dunia maya (netizen) yang tergabung dalam grup Facebook Media Informasi Kota Semarang (MIK Semar). Pasalnya, pria tersebut rela menjaga kebersihan di beberapa pasar di Kota Semarang dengan memunguti sampah menggunakan tangan telanjang.

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

Netizen ramai membicarakannya setelah pengguna akun Facebook Bagas Fahrurrozi Sutanto? mengunggah sebuah video ke dinding grup MIK Semar, Selasa (6/5/2017). Dalam rekaman video tersebut terlihat seorang pria sedang mengumpulkan sampah yang berserakan di Pasar Peterongan, Kota Semarang menggunakan tangan telanjang.

Sebagian netizen menduga pria tersebut mengalami gangguan jiwa karena membersihkan sampah menggunakan tangan kosong. Dugaan gangguan jiwa itu ramai dilontarkan netizen dalam kolom komentar.

Iku gila lur tp memang senenge ngeresiki iku ng pasar sendiko to ki ntes weruh ng mburi pasar terongan mbunteli banyu [Itu orang gila. Saya juga kerap melihat dia membersihkan sampah di Pasar Peterongan dan baru saja lihat dia membungkus air di Pasar Peterongan],” tulis pengguna akun Facebook Mochamad Ishak.

Namun sebagian netizen lainnya yang juga mengaku kerap bertemu dengan pria itu menyangkal dugaan gangguan jiwa yang dialami pria tersebut. “Iku ra edan, tp mang golek rejekine carane ngono iku luurrrr,, q soale sok kepetok wonge gok psr psr sayur [Itu tidak gila. Dia memang mencari uang dengan cara seperti itu. Saya kerap bertemu dengannya di beberapa pasar],” ungkap pengguna akun Facebook Ayahe Khanza.

Terlepas dari dugaan gangguan jiwa itu, netizen ramai memuji pria tersebut karena mampu menjaga kebersihan beberapa pasar di Kota Semarang dari sampah yang berserakan. “Kwi mlah wong waras,,sing ora waras kwi sing buang sampah sembarangan [Itu justru orang waras, yang tak waras adalah orang yang membuang sampah sembarangan],” tulis pengguna akun Facebook Brown Teguh S.

“Keren orang yang maaf gitu aja sadar akan kebersihan. Subhanallah,” timpal pengguna akun Facebook Mukhibbin Alfarizy.

Netizen menganggap orang tersebut dapat menjadi contoh bagi warga Semarang untuk tetap menjaga kebersihan. Meski banyak yang menganggap dirinya gila karena memunguti sampah menggunakan tangan kosong, menurut netizen, pria itu patut diacungi jempol karena telah berpartisipasi menjaga kebersihan di beberapa pasar di Kota Semarang. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya