SOLOPOS.COM - Masjid Agung Semarang di Kauman, merupakan salah satu masjid yang ikonik di Kota Semarang. (Istimewa/simas.kemenag.go.id/)

Solopos.com, SEMARANG — Sebagai daerah dengan mayoritas penduduk beragama Islam, Kota Semarang di Jawa Tengah (Jateng), memiliki ribuan masjid atau tempat beribadah bagi umat muslim. Berikut kecamatan di Kota Semarang yang memiliki jumlah masjid terbanyak.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Semarang tahun 2022, mayoritas penduduk di Kota Semarang menganut agama Islam. Total ada sekitar 1.465.838 penduduk di Kota Semarang yang memeluk agama Islam atau sekitar 88,5% dari total jumlah penduduknya yang mencapai 1.656.564 jiwa.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Hal itu pun membuat Kota Semarang banyak berdiri masjid maupun musala sebagai tempat ibadah umat muslim. Nah, dari 16 kecamatan di Kota Semarang beberapa di antaranya tercatat memiliki jumlah masjid terbanyak di banding lainnya.

Berikut data lengkap sebaran masjid dan tempat ibadah pemeluk agama lain di Kota Semarang:

1. Pedurungan

Pedurungan menjadi kecamatan di Kota Semarang dengan jumlah masjid terbanyak. Total ada sekitar 206 masjid yang berdiri di Kecamatan Pedurungan.

Sementara itu jumlah musala mencapa 141 unit, gereja Protestan mencapai 26 unit, gereja Katolik 1 unit, 1 pura, dan 1 wihara.

2. Tembalang

Tembalang menjadi kecamatan dengan jumlah masjid terbanyak kedua di Kota Semarang. Total ada sekitar 162 masjid dan 75 musala yang ada di Kecamatan Tembalang.

Sementara itu, jumlah gereja Protestan di kecamatan yang banyak berdiri kampus-kampus perguruan tinggi itu mencapai 29 unit, gereja Katolik 1 unit, 1 pura dan 1 wihara.

3. Ngaliyan

Ngaliyan merupakan kecamatan di Kota Semarang yang berada di perbatasan dengan Kendal. Ngaliyan juga tercatat sebagai kecamatan di Kota Semarang dengan jumlah masjid terbanyak kedua.

Total ada 150 masjid yang didirikan di Ngaliyan, sedangkan jumlah musala mencapai 45 unit, gereja Protestan 15 unit, 1 gereja Katolik, dan 2 pura

4. Gunungpati

Kecamatan dengan jumlah masjid terbanyak di Kota Semarang berikutnya adalah Gunungpati. Wilayah yang terkenal dengan banyak destinasi wisata alam ini memiliki sekitar 129 masjid dan 249 musala.

Sementara jumlah gereja Protestan di Gunungpati mencapai 7 unit, 2 pura, dan 1 kelenteng.

5. Banyumanik

Setelah Gunungpati ada Kecamatan Banyumanik di urutan kelima. Banyumanik memiliki masjid terbanyak kelima dengan jumlah mencapai 127 unit.

Sementara jumlah musala di Banyumanik mencapai 123 unit, 35 gereja Protestan, 1 gereja katolik, dan 1 wihara.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya