SOLOPOS.COM - Ilustrasi buah salak yang ada di Agrowisata Salak Sodong, Batang. (Istimewa/Instagram @ribuanfoto)

Solopos.com, BATANGDesa Sodong, Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah, kini dikenal sebagai tuan rumah dari sebuah destinasi wisata menarik, yakni Agrowisata Salak Sodong.

Diolah dari berbagai sumber, jenis salak yang ada di agrowiata ini merupakan jenis bibit dari salak pondoh yang berasal dari Kabupaten Sleman. Namun yang menjadi pembedanya adalah salak Sodong ini memiliki rasa yang manis dan ukuran yang lebih besar.

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

Nama yang mungkin memicu pertanyaan, mengapa disebut salak Sodong? Dari penamaan ini ternyata memiliki cerita yang menarik. Di balik nama itu, terungkap alasan yang menghubungkan jenis salak istimewa yang tumbuh subur di area ini dengan Desa Sodong.

Lantaran jenis salak ini berhasil tumbuh dengan baik di tanah Desa Sodong dan menjadi potensi unggulan, nama salak Sodong pun diadopsi untuk mengidentifikasi varietas salak yang dihasilkan di tempat ini.

Penamaan ini bukan sekadar cap jempol, tetapi juga merupakan simbol kualitas dan keunikan yang dimiliki oleh salak yang tumbuh di wilayah tersebut.

Bagi Anda yang tengah melangsungkan perjalanan ke Batang atau merencanakan liburan di kabupaten ini, jangan lupa menyempatkan diri mampir di Agrowisata Salak Sodong. Berjarak sekira 21 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 35 menit merupakan perjalanan yang singkat apabila ditempuh dari Alun-alun Batang.

Salah satu atraksi utama dari agrowisata ini adalah kegiatan petik salak. Jika berkunjung saat musim panen, Anda memiliki kesempatan untuk membeli dan mengambil salak langsung dari pohonnya.

Inilah pengalaman yang jarang ditemui di tempat lain. Di mana Anda dapat merasakan kepuasan mengambil hasil bumi sendiri.

Dilansir oleh laman website kkn.undip.ac.id pada Selasa (22/8/2023), kulit buah salak memiliki tekstur yang berkerut dan kasar, dan sering kali berwarna cokelat atau merah kecoklatan. Bagian dalamnya terbungkus oleh daging buah yang biasanya berwarna putih atau kuning pucat.

Perbedaan utama buah salak Sodong dengan lainnya terletak pada ukurannya yang besar dan cita rasa yang begitu manis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya