SOLOPOS.COM - Soto Tauco khas Pekalongan. (Istimewa/ainurskitchen.com).

Solopos.com, PEKALONGAN — Menjelajah daerah pantai utara, tidak ada salahnya mampir ke kota batik alias Pekalongan untuk mencicipi kuliner khasnya yang populer. Tauto atau soto tauco merupakan hidangan soto khas dari Pekalongan, Jawa Tengah.

Nama tauto sendiri merupakan singkatan dari tauco soto. Ya, dari namanya saja sudah menunjukkan bahwa tauto Pekalongan ini berbeda dengan soto pada umumnya.

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

Yang membedakan adalah pada bumbunya yang dicampuri dengan tauco atau hasil olahan fermentasi biji kedelai. Tambahan bumbu tauco tersebut menghasilkan rasa asam yang segar serta aromanya yang khas.

Dahulu, bahan dasar hidangan ini menggunakan daging kerbau. Namun, seiring berkembangnya waktu, daging kerbau kini juga dapat diganti dengan daging sapi karena teksturnya yang tidak jauh berbeda. Bahkan, beberapa masyarakat menggunakan daging ayam karena harganya yang lebih terjangkau.

Kali ini, Solopos.com akan membagikan resep soto tauco Pekalongan yang berbahan dasar daging sapi.

Yuk, simak resepnya dari buku Kuliner Soto Nusantara Kumpulan Resep (2017) oleh Bara Yudhistira, dkk. Sebuah buku yang dipublikasikan Badan Ekonomi Kreatif Universitas Sebelas Maret.

Bahan-bahan yang disiapkan berupa 250 gr daging sapi, 1/2 botol tauco manis, empat biji cabai merah besar, sembilan butir bawang merah, tujuh butir bawang putih, dua lembar daun salam, 1/2 ibu jari lengkuas, 1/2 sendok teh kecap manis.

Selanjutnya, garam secukupnya, daun bawang, seledri, suun, satu butir jeruk nipis untuk garnish, cabai rawit untuk sambal, dan lontong (jika ingin menikmati dengan lontong).

Berikut ini cara membuat soto tauco Pekalongan:

1. Rebus daging. Masukkan cabai merah dan bawang putih yang belum dipotong ke dalam rebusan daging. Tujuannya untuk menghilangkan bau tidak matang cabai dan bawang ketika nanti ditumis.

2. Setelah cabai cukup layu, angkat cabai dan bawang putih dari kuah daging. Haluskan dengan ditambah bawang merah.

3. Setelah semua bumbu halus, tumis.

4. Ambil tiga sendok makan tauco dari botol, ulek dicobek.

5. Setelah bumbu mulai wangi, masukkan tauco yg sudah halus ke tumisan. Tambahkan lagi 4-5 sendok tauco (atau sesuai selera), daun salam, lengkuas. Tumis sampai matang dan wangi.

6. Masukkan tumisan ke air rebusan daging. Tambahkan garam dan kecap manis. Bumbui sampai rasanya pas.

7. Setelah daging matang iris kotak-kotak kecil, sisihkan. Iris daun bawang dan seledri, sisihkan di mangkuk berbeda. Iris jeruk nipis, sisihkan.

8. Sementara rebus cabe rawit sampai layu, angkat dan haluskan untuk sambal.

9. Di mangkuk saji, taruh irisan lontong, suun dan daging yang sudah dipotong-potong. Beri kuah panas, kemudian taburi irisan seledri dan daun bawang secukupnya. Boleh ditaruh bawang goreng apabila suka. Taruh irisan jeruk nipis dan sambal diatasnya. Sajikan.

Nah, bagaimana tertarik mencobanya di rumah? Dengan bahan-bahan yang ada dan cara membuatnya yang cukup mudah, hidangan ini sangat cocok sebagai menu harian keluarga.

Disajikan dengan lontong, nasi, maupun disantap begitu saja, akan sama enaknya. Apalagi disajikan waktu masih hangat, tambah semakin nikmat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya