SOLOPOS.COM - Pompa Air (ilustrasi/JIBI/dok)

Kekeringan di Magelang dirasakan warga di kawasan Pegunungan Menoreh.

Kanalsemarang.com, MAGELANG-Pemerintah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, memberikan bantuan tiga pompa air kepada masyarakat di kawasan Pegunungan Menoreh di Desa Ngargoretno, Salaman untuk memudahkan mereka setiap hari mendapatkan air bersih dari sumber setempat.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

“Bantuan ini untuk meringankan masyarakat dalam mendapatkan kebutuhan air bersih,” kata Bupati Magelang Zaenal Arifin di Magelang, Senin (5/10/2015).

Penyerahan bantuan pompa air bersih dan jaringan pipa air bersih untuk warga Dusun Sigabug, Desa Ngargoretno, Kecamatan Salaman yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta itu dilakukan Bupati Zaenal.

Hadir pada kesempatan di salah satu daerah pelosok Kabupaten Magelang itu, antara lain Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Pemkab Magelang Agung Trijaya, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sujadi, dan Dirut PDAM Hari Purnomo.

Ia mengharapkan bantuan tersebut bisa dimanfaatkan seoptimal mungkin oleh masyarakat setempat untuk mendapatkan air bersih guna kepentingan sehari-hari, terutama saat kemarau panjang saat ini.

“Mereka yang berada di daerah perbatasan dengan wilayah tetangga itu, juga harus mendapatkan perhatian, mereka juga harus menikmati pembangunan,” tuturnya.

Kepala Desa Ngargoretno Dodik Suseno menyambut gembira atas bantuan sarana air bersih dari Pemkab Magelang kepada masyarakat setempat. Dusun Sigabug dengan kondisi jalan yang terjal dan sulit dijangkau tersebut, saat ini dihuni sekitar 30 keluarga.

“Masyarakat mengandalkan sumber air di dekat dusun ini. Untuk mendapatkan air bersih, mereka selama ini harus berjalan kaki sampai sumber air. Dengan bantuan ini, akan memudahkan masyarakat,” ucapnya.

Mereka selanjutnya bergotong-royong untuk membangun sarana air bersih tersebut dari sumber air hingga pemukiman warga.

Pelaksana Tugas Sekda Kabupaten Magelang Agung Trijaya mengatakan bantuan dari pemkab untuk warga Sigabug merupakan perwujudan dari aspirasi masyarakat setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya