SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Dampak kekeringan di Temanggung mengakibatkan ribuan pelanggan PDAM tak mendapatkan pasokan air bersih.

Kanalsemarang.com, TEMANGGUNG-Pasokan air sekitar 10.000 dari 34.000 pelanggan PDAM Tirta Mudal Temanggung, Jawa Tengah, terganggu pada musim kemarau ini, terutama saat jam sibuk pagi dan sore hari.

Promosi Kirana Plus, Asuransi Proteksi Jiwa Inovasi Layanan Terbaru BRI dan BRI Life

Direktur PDAM Tirta Mudal, Edi Sucahyo di Temanggung, Kamis (20/8/2015), mengatakan terganggunya pasokan air tersebut karena debit air dari 21 mata air yang dimanfaatkan PDAM menyusut sekitar 30 persen.

Menurut dia penurunan debit mata air telah terjadi sejak pertengahan bulan Juli 2015.

Ia menyebutkan 10.000 pelanggan yang terdampak menyusutnya debit air itu, antara lain di wilayah Kauman Kecamatan Parakan, Kelurahan Banyurip, Jampiroso dan Jampirejo, sebagian Kelurahan Manding, Perumahan Puri Kencana Temanggung, dan sebagian Kecamatan Kaloran.

Ia menuturkan kesulitan air terutama terjadi pada jam-jam sibuk saja yakni pada pukul 06.00 hingga pukul 08.00 WIB dan pukul 16.00 hingga 18.00 WIB. Sedangkan di luar jam sibuk, pasokan air ke pelanggan berjalan normal.

“Saat ini baru jam-jam sibuk saja, setelah itu air masih mengalir dengan normal, meskipun debitnya lebih kecil dari debit air pada saat musim hujan,” katanya.

Edi mengatakan khusus 10 pelanggan di Dusun Ngabean, Desa Tegowanu, Kecamatan Kaloran sudah tidak lagi mendapatkan air dari PDAM, sebab dusun tersebut berada di ketinggian dibanding lokasi sekitarnya.

Ia menuturkan untuk mengatasi kekurangan air bersih di dusun tersebut, pihaknya telah memasang dua bak penampung air masing-masing berukuran satu kubik yang setiap hari diisi air dari mobil tangki, hal ini dilakukan agara semua pelanggan PDAM tetap mendapatkan pelayanan terbaik selama musim kemarau ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya