SOLOPOS.COM - Suasana Kedai Kopi Kaofee di Jalan Sedane, Bugangan, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng). (Solopos.com/Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANG — Banyak cara yang dilakukan oleh anak untuk menjaga kenangan bersama orangtuanya.

Hal itu seperti yang dilakukan Alice Lindsey Tan, seorang ibu rumah tangga di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng). Ia menyulap toko kaset pita peninggalan ayahnya menjadi sebuah kedai kopi.

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

Terletak di Jalan Sedane, Kelurahan Bugangan, Kecamatan Semarang Timur, kedai kopi milik ibu dua anak itu bernama Kaofee. Saat masuk ke dalam, terpampang kaset-kaset yang dijadikan properti sehingga terkesan membawa pengunjung ke suasana era 90-an.

Ternyata melalui kedai kopi tersebut, Alice Lindsey Tan ingin menghidupkan kembali kenangan bersama ayahnya. Di mana, dulunya almarhum ayahnya sempat berjualan kaset pita di tempat yang sekarang telah disulap menjadi kedai kopi itu.

“Kaset ini properti saja [tidak dijual]. Tapi request lagu bisa didengerin di lokasi,” terang Alice saat ditanya apakah kasetnya juga dijual, Minggu (20/8/2023).

Saat Alice masih berada di bangku sekolah menengah pertama (SMP), ia teringat tempat tersebut selalu ramai didatangi para pembeli kaset. Kedai kopi miliknya itu dulu dikenal dengan sebutan Toko Tung-Tung. Namun seiring berjalannya waktu, kaset mulai tergerus zaman.

Kendati tergerus zaman, kenangan pada masa 1995-1998 itu benar-banar berarti bagi Alice. Hingga akhirnya, ia mencoba kembali menghidupkannya dengan nuansa kedai yang diberi nama Kaofee.

“Nama itu saya dapat dari anak saya yang tiba-tiba nyeletuk. Kaofee saja mah namanya,” ucapnya mengingat omongan anaknya tersebut.

Jika diartikan, lanjut Alice, nama Kaofee berasal dari kata kao atau wajah dan fee atau kopi. Apabila digabung, Kaofee memiliki makna wajah kopi.

Kedai Kaofee ini tergolong baru karena Alice baru membukanya pada 23 Mei 2023 lalu. Dalam mengawali kariernya, Alice sendiri turun langsung menyajikan kopi atau yang menjadi barista di kedainya tersebut.

Sebelum mengambil langkah berani tersebut, awalnya ia belajar terlebih dahulu di salah satu tempat ngopi legendaris di Kota Semarang, yakni Dharma Boutique Roastery.

Bagi yang ingin menikmati kopi di Kaofee, Alice membanderol harga mulai dari Rp10.000 hingga Rp25.000. Menunya pun beraneka ragam, mulai dari Americano hingga kopi susu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya