SOLOPOS.COM - Kepala Polsek Limpung, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, AKP Prisandi Tiar mengantarkan 17 siswa MIN 2 Batang yang keracunan, Kamis (21/1/2023). (Istimewa)

Solopos.com, BATANG – Peristiwa keracunan massal terjadi di Madrasah Ibtidaiah Negeri (MIN) 2 Batang, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Batang, Jawa Tengah (Jateng), Kamis (12/1/2023). Sebanyak 17 siswa MIN 2 Batang diduga mengalami keracunan hingga muntah-muntah seusai memakan sereal rasa cokelat yang dibeli di kantin sekolah.

“Belasan siswa itu langsung dirujuk ke Puskesmas Banyuputih dan sebagian ke RSUD Limpung,” kata Kapolsek Limpung AKP Prisandi Tiar, Kamis (12/1/2023).

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

Peristiwa keracunan massal di MIN 2 Batang itu terjadi sekitar pukul 09.30 setelah siswa kelas V melaksanakan pelajaran olahraga. Sebagian siswa pergi ke kantin sekolah yang beralamat di Desa Kalibalik, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Batang itu.

Di kantin, para siswa tersebut kemudian membeli jajanan cokelat sereal bermerek Coko Shake. Tidak lama setelah mengunyah jajanan tersebut, 17 siswa mengeluh pusing, sakit perut hingga muntah-muntah.

Guru olahraga serta wali kelas langsung melaporkan masalah ini kepada kepala sekolah. Ke-17 siswa kemudian dibawa ke Puskesmas Banyuputih untuk mendapatkan perawatan medis.

“Sebanyak tiga siswa dirujuk ke RSUD Limpung untuk penanganan lebih lanjut karena sesak napas. Pihak Dinkes Batang sudah mengambil sampel untuk melakukan uji laboratorium,” ucap Prisandi.

Sementara itu, Kepala Seksi Pelayanan Medis RSUD Limpung, dr Resti Kurniawarti, menyebut sudah melakukan observasi pada tiga siswa yang dirujuk. Hasilnya, kondisi dua siswa dinyatakan baik dan bisa rawat jalan.

Ia mengatakan keluhan para siswa saat masuk RSUD Limpung adalah sesak napas, pusing dan muntah-muntah. “Untuk satu siswa kemungkinan butuh rawat inap hingga siang ini, sambil menunggu perkembangan,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya