SOLOPOS.COM - Para siswa MI NU 06 Kaliwungu saat mengikuti acara Kapal Perpustakaan Terapung di Dermaga Pelabuhan Kendal, Jumat (6/10/2023). (Solopos.com-Bidhumas POlda Jateng)

Solopos.com, KENDAL – Sebanyak dua kapal Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud) di Dermaga Pelabuhan Kendal, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah (Jateng), mendadak diserbu para siswa SD dari Madrasah Ibtidaiah (MI) Nahdlatul Ulama (NU) 06 Mororejo, Kaliwungu, Jumat (6/10/2023). Mereka mendatangi dua kapal itu karena berisikan buku layaknya sebuah perpusatakaan.

Kedua kapal milik Polairud itu memang sengaja disulap menjadi perpustakaan guna meningkatkan minat baca masyarakat pesisir di Jateng. Kegiatan bertajuk Kapal Perpustakaan Terapung ini pun diikuti sekitar 20 siswa dan dua orang guru pendamping.

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

KBO Satpolairud Polres Kendal, Iptu Sutrisno, mengungkapkan pihaknya menerjunkan dua unit kapal sebagai sarana Kapal Perpustakaan Terapung. Kedua kapal itu yakni Kapal Polisi IX-1008 dan KP IX-1023. Selain untuk meningkatkan minat baca masyarakat, kegiatan tersebut juga digelar untuk mengenalkan tugas pokok dan peran Polairud serta memperkenalkan peralatan keselamatan perairan.

“Kita kenalkan apa itu Polisi Perairan, seperti apa tugas polisi perairan kepada anak-anak usia dini, Serta kita tanamkan pentingnya menjaga keselamatan di wilayah perairan,” tuturnya.

Para siswa juga diajak menyanyikan lagu-lagu Nasional dan sejumlah lagu daerah untuk mengenalkan cinta Tanah Air dan bangsa sejak usia dini.

Para siswa tampak antusias mengikuti kegiatan yang digelar. Keceriaan terpancar dari wajah mereka saat diberi kesempatan menaiki Kapal Perpustakaan Terapung yang bersandar di Dermaga Pelabuhan Kendal dan membaca berbagai buku bacaan yang telah dipersiapkan di dalam kabin kapal.

Dirpolair Polda Jateng, Kombes Pol Hariadi, mengatakan kegiatan Kapal Perpustakaan Terapung ini merupakan program unggulan Ditpolairud Polda Jateng. “Kegiatan ini juga merupakan implementasi dari program unggulan Dirpolairud, Koorpolairud, Baharkam Polri sebagai bentuk pendekatan dan upaya meningkatkan budaya gemar membaca bagi masyarakat pesisir. Semoga dengan upaya ini kita bisa membantu mencerdaskan anak anak yang merupakan aset bangsa” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya