SOLOPOS.COM - Pentas Duta Seni Grobogan di TMII Jakarta, Minggu (20/8/2023). (grobogan.go.id)

Solopos.com, GROBOGAN-Pemerintah Kabupaten Grobogan menggelar Pentas Duta Seni di Pendapa Anjungan Jawa Tengah, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Minggu (20/8/2023).  Pertunjukan tersebut dimulai pukul 10.00 WIB.

Dalam pentas ini ditampilkan seni budaya ketoprak dengan lakon  Brubuh Majapahit.  Lakon ini mengisahkan peperangan antara Kerajaan Majapahit dengan Kerajaan Demak yang dimenangkan oleh Kerajaan Demak.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

Hal ini membawa beberapa dampak yang berakibat semua barang-barang milik Kerajaan Majapahit yang menjadi rampasan dibawa ke Kerajaan Demak. Tetapi ada salah satu barang yang tertinggal dalam perjalanan menuju Kerajaan Demak yaitu sebuah grobog. Dari situlah timbul kisah yang menjadi lakon dalam pentas duta seni kali ini.

Selain pentas duta seni tersebut di TMII Jakarta, Kabupaten Grobogan juga memamerkan hasil dari UMKM yang terdiri atas olahan makanan dan batik. Diharapkan, melalui kegiatan ini produk UMKM Kabupaten Grobogan akan lebih dikenal lagi.

Plt Kepala Disporabudpar Grobogan Heru Dwi Cahyono mengungkapkan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka untuk melestarikan serta nguri-uri nilai-nilai luhur budaya. Khususnya yang telah ada secara turun-temurun maupun nilai luhur budaya bangsa Indonesia pada umumnya, sebagai pegangan tuntunan dalam kehidupan masyarakat dan penyelenggaraan pemerintahan.

Melalui forum ini selain sebagai ajang silaturahmi juga diharapkan mewujudkan aktualisasi seni dan kebudayaan asli Grobogan agar dikenal masyarakat luas. Bukan hanya dikenal masyarakat Grobogan yang merantau di Jabodetabek tetapi juga warga Jakarta dan sekitarnya.

”Selain itu, melalui kegiatan ini juga mengajak masyarakat Grobogan yang berada di Jakarta untuk ikut mempromosikan budaya dan pariwisata Grobogan,” katanya dikutip dari grobogan.go.id pada Kamis (24/8/2023).

Para peserta Pentas Duta Seni antara lain Badan Penghubung Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Sekretaris Daerah Kabupaten Grobogan, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, para Kepala OPD dan yang spesial adalah para pengurus dan anggota Komunitas Paguyuban Diaspora Grobogan yang ada di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi serta para seniman pendukung.

”Secara keseluruhan diikuti oleh sekitar 150 peserta. Adapun pembiayaan kegiatan Pentas Duta Seni ini bersumber dari DPA Disporabudpar Kabupaten Grobogan Tahun Anggaran 2023,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya