SOLOPOS.COM - Paduan Suara Mahasiswa Teknik (PSMT) Undip saat tampil dalam 18th Busan Choral Festival and Competition di Busan, Korea Selatan, 19-22 Oktober 2022. (Solopos.com-Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG — Prestasi membanggakan ditorehkan Paduan Suara Mahasiswa Teknik Universitas Diponegoro (PSMT Undip) Semarang atau yang dikenal juga dengan nama Diponegoro Engineering Student Choir. Paduan suara mahasiswa Teknik Undip itu sukses meraih gelar juara dalam ajang internasional 18th Busan Choral Festival and Competition yang berlangsung di Busan, Korea Selatan, 19-22 Oktober 2022.

Busan Choral Festival & Competition merupakan salah satu kompetisi paduan suara terbesar di dunia. Ajang ini digelar pemerintah Busan, Korea Selatan, dan sudah digelar kali ke-18.

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

Sejak pertama diselenggarakan, Busan Choral Festival & Competition selalu diikuti kelompok paduan suara ternama di dunia. Oleh karenanya, raihan juara dalam ajang ini sangat membanggakan bagi PSMT Undip Semarang.

Tak hanya itu, pada ajang yang diikuti 36 kelompok paduan suara yang terdiri dari 1.500 peserta dari enam negara itu, PSMT Undip sukses menggondol gelar di beerbagai kategori seperti 1st Prize Winner pada kategori Classical Mixed & Equals, 3rd Prize winner alam kategori Ethnic/Traditional. PSMT Undip juga merebut juara dalam kategori special jury award, yakni Best Presentation dalam kategori Ethnic/Traditional.

Berkat prestasi tersebut, PSMT Undip pun berhak meraih grand prize atau hadiah senilai US$20.000 atau sekitar Rp311,6 juta. Selain itu, prestasi ini membuat PSMT Undip menjadi kelompok paduan suara asal Indonesia yang meraih juara di ajang Busan Choral Festival & Competition di Korea setelah The Archipelago Singers pada 2019 lalu.

Baca juga: Konser Dandelion Voca Erudita UNS, Terbang Jauh Kelopak Tetap Utuh

PSMT Undip merupakan kelompok paduan suara mahasiswa yang berada di bawah naungan Fakultas Teknik Undip Semarang. PSMT Undip terbentuk sejak 2003 yang beranggotakan mahasiswa dan mahasiswi Teknik Undip yang memiliki kecintaan terhadap seni, khususnya paduan suara.

“PSMT merupakan satu-satunya wadah bagi kami, mahasiswa Teknik Undip untuk menuangkan hobi dan kesenangan dalam bernyanyi serta bermusik. PSMT dibentuk oleh teman-teman yang memiliki tanggung jawab yang sama, yaitu menjadi mahasiswa teknik yang berkutat dengan pelajaran-pelajaran yang cukup menguras otak, dihiasi dengan segala praktik, ujian, tugas akhir, serta produk keteknikan yang membat kami butuh rumah singgah untuk berkarya. PSMT menjadikan kami satu, menjadikan kami keluarga yang memiliki satu tujuan, yakni menjadikan paduan suara sarana healing,” ujar anggota PSMT Undip, Dewantara Umbu, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (26/10/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya