SOLOPOS.COM - Ilustrasi (infoakademika.com)

Ilustrasi (infoakademika.com)

Kanalsemarang.com, CILACAP – Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko mengajak umat beragama untuk selalu hidup bersama secara damai sesuai dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Promosi Siasat BRI Hadapi Ketidakpastian Ekonomi dan Geopolitik Global

“Walaupun agama berbeda, keyakinan berbeda, tetapi hendaknya kita bisa hidup bersama secara damai. Kita ini punya semboyan yang harus kita pelihara dan laksanakan, Bhinneka Tunggal Ika, diperkuat dengan falsafah bangsa kita, Pancasila,” katanya seperti dikutip Antara, Minggu (26/10/2014).

Heru mengatakan hal itu usai menghadiri perayaan Tahun Baru Jawa 1 Suro 1948/2014 di Vihara Tri Ratna Mandala Giri Gunung Srandil, Desa Glempang Pasir, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap.

Menurut dia, kehadirannya dalam acara tersebut merupakan bagian dari pemerintahan.

“Kalau dari sisi pemerintahan, ini bagian dari bagaimana kita melayani semua,” katanya.

Sementara saat memberikan sambutan, Heru menyambut baik penyelenggaraan perayaan Tahun Baru Jawa 1 Suro 1948 yang diisi dengan pergelaran budaya itu.

Menurut dia, acara tersebut mencerminkan Bhinneka Tunggal Ika karena meskipun berbeda agama dan budaya tetapi tetap satu.

Dalam kesempatan tersebut, dia mencontohkan salah satu warisan budaya bangsa Indonesia yang telah diakui oleh dunia, yakni batik.

“Bahkan, salah satu tokoh Afrika yang telah meninggal dunia, Nelson Mandela juga selalu mengenakan pakaian batik,” katanya.

Selain merupakan warisan budaya, kata dia, batik juga memiliki nilai ekonomi bagi masyarakat khususnya para pengrajin batik karena harganya bervariasi, dari yang paling murah hingga paling mahal.

Acara perayaan Tahun Baru Jawa 1 Suro 1948/2014 di Vihara Tri Ratna Mandala Giri Gunung Srandil diisi dengan pergelaran kesenian, antara lain lagu-lagu pujian untuk Sang Buddha yang diiringi dengan musik kentongan, tarian Banyumasan, tari Jawa, tarian Papua, dan seni kuda lumping.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya