SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/dok)

Kesejahteraan nelayan diharapkan semakin terjamin dengan adanya asuransi.

Semarangpos.com, PEKALONGAN-Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia Kota Pekalongan, Jawa Tengah, berharap pemerintah segera merealisasikan program pemberian asuransi nelayan sebagai upaya membantu kesejahteraan mereka.

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

Pelaksana Harian HNSI Kota Pekalongan Imam Menu di Pekalongan, Minggu (24/1/2016), mengatakan HNSI sudah berkoordinasi dengan Dinas Pertanian, Peternakan, dan Kelautan pada awal Januari 2016 untuk menanyakan pemberian asuransi nelayan tetapi hingga kini belum ada tanggapan.

“Kami masih menunggu pemberian asuaransi para nelayan itu karena akan membantu kesejahteraan mereka. Berdasar informasi, pemkab masih menunggu instruksi dari Kementerian Kelautan dan Perikanan,” katanya.

Selain itu, kata dia, HNSI juga menanyakan program bantuan dari pemerintah untuk nelayan pada 2016 meliputi pengadaan kapal dan pengadaan alat tangkap.

“Hanya saja, saat ini kami mengutamakan pemberian asuransi untuk nelayan lebih dulu karena prosesnya pengurusannya dinilai lebih mudah,” katanya.

Terkait kondisi aktivitas para nelayan memasuki musim hujan, kata dia, saat ini sejumlah nelayan mulai kembali melaut setelah mereka sempat tertunda melaut sekitar sepekan sampai tiga bulan.

“Meski memasuki musim hujan, kondisi cuaca di laut masih aman untuk kegiatan nelayan sehingga mereka mencari ikan di laut,” katanya.

Menurut dia, saat ini, aktivitas pembongkaran hasil tangkapan ikan mencapai sekitar 15 unit kapal per hari.

“Aktivitas di TPI kini cukup ramai karena para kapal nelayan kecil mulai membongkar hasil tangkapan ikan setelah satu pekan melaut,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya