SOLOPOS.COM - Penampilan gelar karya mahasiswa PIAUD dan PGMI UIN Salatiga di Gedung KH Ahmad Dahlan, Selasa (4/7/2023). (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGAMahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) UIN Salatiga menggelar pameran dan pentas karya di gedung Ahmad Dahlan di kampus setempat, Selasa (4/7/2023).

Kegiatan itu menjadi bekal para mahasiswa dalam mempersiapkan diri sebagai pengajar. Selama acara berlangsung juga ditampilkan berbagai hasil karya mahasiswa, seperti seni batik, lukis, paduan suara, tari, dan musik.

Promosi Keren! BRI Jadi Satu-Satunya Merek Indonesia di Daftar Brand Finance Global 500

Pameran dan pergelaran cipta karya mahasiswa ini merupakan hasil belajar mahasiswa yang telah diperoleh selama perjalanan satu semester. Sehingga kegiatan ini juga digunakan untuk penilaian ujian akhir semester (UAS).

Salah seorang dosen PIAUD UIN Salatiga, Dewi Wulandari, mengatakan kegiatan itu sebagai upaya mahasiswa keguruan di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) UIN Salatiga agar siap ketika mengajar di lapangan.

Mahasiswa menampilkan tarian anak-anak dengan tema alam, tumbuhan, dan benda. Sedangkan seni musik dipilih musik dari daerah.

Pemilihan tema secara sederhana dan disesuaikan dengan keterampilan ketika diajarkan kepada anak SD atau MI. Selain tampil, mahasiswa juga membuat kostum sendiri.

“Kostum yang digunakan mahasiswa PIAUD itu 90% dibuat sendiri [oleh mahasiswa]. Aransemen musik juga dari mahasiswa,” kata Dewi.

Dosen PIAUD UIN Salatiga, Sri Maryati, menambahkan gelar karya ini akan menjadi bekal mahasiswa untuk mengajar di masa mendatang. Selain itu juga bisa menjadi bekal untuk berwirausaha.

“Contohnya ecoprint yang sudah menjadi komoditas yang cukup menjanjikan jika dijual,” terang Sri Maryati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya