SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Kesiapsiagaan bencana di Jawa tengah terus dipersiapkan. Salah satunya rencana Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menjadi semua desa di Jawa Tengah sebagai desa tangguh bencana 

Promosi Cerita Klaster Pisang Cavendish di Pasuruan, Ubah Lahan Tak Produktif Jadi Cuan

 

Kanalsemarang.com, SEMARANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berencana menerapkan program desa tangguh bencana secara bertahap di semua desa di Jateng guna meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi berbagai bencana alam.

“Ada enam desa yang akan menjadi pilot project program desa tangguh bencana di antaranya di Desa Widoropayung, Cilacap, Desa Taman Agung, Magelang, dan Desa Balerante, Klaten,” kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Semarang seperti dikutip Antara, Senin (23/2/2015).

Hal tersebut disampaikan Ganjar usai membuka rapat koordinasi sinkronisasi program desa berdikari, desa tangguh bencana, dan sistem informasi desa di kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jateng yang diikuti oleh wakil dari 35 kabupaten/kota.

Menurut Ganjar, Pemprov Jateng akan mengalokasikan anggaran, membuat regulasi, dan memberikan pelatihan kepada masyarakat terkait dengan rencana penerapan program desa tangguh bencana.

“Kalau ini (desa tangguh bencana, red) bisa berjalan baik akan direplikasikan ke seluruh desa di Jateng secara bertahap,” ujarnya didampingi Kepala Pelaksana Harian BPBD Sarwa Pramana.

Ia menjelaskan bahwa program desa tangguh bencana dilatarbelakangi kenyataan bahwa wilayah Provinsi Jateng terjadi berbagai jenis bencana alam.

“Saat ini, sistemnya, kesiapsiagaan, pengurangan resiko sedang kita bangun dengan harapan ada pertukaran pengalaman dari kabupaten/kota, termasuk lembaga-lembaga peduli bencana,” katanya.

Ganjar berharap dengan adanya program desa tangguh bencana ini maka setiap masyarakat desa sudah siap jika terjadi bencana alam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya