SOLOPOS.COM - Ilustrasi penyaluran air bersih. (Burhan Aris N./JIBI/Solopos)

Kanalsemarang.com, KUDUS—Direktur Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Kudus Ahmadi Syafa mengungkapkan sejumlah sumur produksi milik PDAM Kudus setiap tahun mengalami penurunan debit air secara bervariasi karena berbagai faktor.

“Berdasarkan hasil monitoring di beberapa sumur produksi, tercatat mengalami penurunan debit air antara 0,8 meter hingga 1 meter setiap tahun,” ujarnya seperti dikutip Antara, Jumat (12/9/2014).

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

Pemantauan tersebut, katanya, sudah berlangsung sejak 2007 dengan mengambil sampel empat sumur produksi milik PDAM Kudus di Kecamatan Dawe dan Bae.

Dengan grafik penurunan debit airnya tersebut, kata dia, sumur produksi yang dimiliki PDAM Kudus juga tidak bisa bertahan dalam jangka lama karena debit air yang selama ini menjadi sumber air baku semakin menurun.

Ia memperkirakan, sumur produksi milik PDAM Kudus mampu beroperasi secara optimal tidak akan berlangsung lama jika penurunan debit air tersebut semakin parah.

“Untuk itu, kami harus segera mendapatkan sumber mata air permukaan agar pelayanan terhadap pelanggan bisa tetap optimal,” ujarnya.

Dari 36 sumur produksi yang dimiliki PDAM Kudus, katanya, mayoritas mengalami persoalan serupa, yakni mengalami penurunan debit air.

Hal tersebut, ditunjukkan dengan jarak kedalaman permukaan air setiap tahunnya mengalami penurunan secara bervariasi.

“Awalnya, pipa untuk pengambilan air berada di kedalaman 65 meter, sekarang harus diturunkan kembali menjadi 80 meter dari kedalaman sumur mencapai 150 meter,” ujarnya.

Apabila pipa tersebut semakin dalam masuk ke dalam sumur, katanya, selain kapasitas pengambilan air dari masing-masing sumurnya juga menurun, maka biaya produksinya juga semakin bertambah.

Adapun kapasitas produksi dari masing-masing sumur produksinya, kata dia, sekitar 10 liter per detik.

Untuk itu, kata dia, alternatif sumber mata air, terutama sumber air permukaan harus disiapkan guna mendukung ketersediaan air bersih untuk masyarakat di Kudus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya