SOLOPOS.COM - Candi Borobudur, menjadi situs Budha terbesar di dunia.(Indonesia.go.id).

Solopos.com, MAGELANGKaisar Jepang, Naruhito berkunjung ke Candi Borobudur, Magelang pada Kamis (22/6/2023). Di kesempatan tersebut, Naruhito sempat naik hingga ke lantai IX.

Kaisar Naruhito di lantai IX candi selama sekitar 30 menit. Kaisar Naruhito sempat memotret beberapa relief Candi Borobudur menggunakan kamera telepon seluler.

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

Kehadiran Naruhito disambut Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo; Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko, Febrina Intan; dan Sub Koordinator Warisan Dunia Borobudur, Wiwit Kasiati.

“Sempat selfie-sefie juga,” kata Ganjar Pranowo seperti dikutip dari Antara, Kamis.

Ganjar menyampaikan kunjungan Kaisar Jepang ke Indonesia selama tujuh hari menunjukkan hubungan baik antara Jepang dan Indonesia.

“Kerja sama ini bisa membuahkan hal lebih penting, apakah diplomatik, politik, dan ekonominya. Kita bisa memanfaatkan hubungan baik ini,” katanya.

Staf Edukator Museum dan Cagar Budaya, Mura Aristina, mengatakan Kaisar hanya naik sampai ke lantai IX karena lantai X Candi Borobudur dikhususkan untuk peribadatan.

“Kami jelaskan bahwa lantai paling atas atau lantai X khusus untuk peribadatan. Beliau sangat memahami dan menghormati,” kata Mura usai memandu Kaisar Naruhito menaiki Candi Borobudur.

Ia juga menjelaskan alasan Candi Borobudur dibangun di area bukit yang berdekatan dengan sungai.

“Di sekitar sini ada pertemuan Sungai Elo dan Progo. Batu di sungai tersebut dibawa ke sini untuk membangun candi,” katanya.

Sumber: Antara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya