SOLOPOS.COM - Wisata edukasi kebun kopi Batang. (Istimewa/berita.batangkab.go.id)

Solopos.com, BATANGKopi menjadi salah satu komoditas andalan di Kabupaten Batang. Sentra kopi di wilayah ini berada di Desa Surjo, Kecamatan Bawang.

Dilansir dari berita.batangkab.go.id pada Rabu (22/2/2023), Kabupaten Batang merupakan salah satu sentra kopi dengan kualitas terbaik di Jawa Tengah. Batang memiliki area perkebunan kopi yang cukup luas, yakni di atas 6.000 hektare.

Promosi BRI Peduli Ini Sekolahku, Wujud Nyata Komitmen BRI Bagi Kemajuan Pendidikan

Area perkebunan kopi itu tersebar di lereng gunung dan dataran rendah di bawah 500 mdpl. Salah satu kebun terluas yang dimiliki dan dikelola masyarakat pegiat petani kopi berada di kebun kopi Desa Surjo, Kecamatan Bawang.

Potensi tersebut kemudian dimanfaatkan koperasi kopi bernama CV. Batang Coffee untuk membuat open trip kebun kopi sebagai wisata edukasi masyarakat, khususnya masyarakat lokal Jawa Tengah.

Mengambil tema tentang budi daya dan proses pascapanen, wisata edukasi ini berfokus pada bagaimana membudidayakan tanaman kopi hingga mengolah biji kopi agar memiliki nilai jual tinggi.

Adanya objek wisata ini bertujuan mengenalkan masyarakat pecinta kopi di Jawa Tengah bahwa Kabupaten Batang mempunyai laboratorium kopi dengan banyak varietas kopi dalam satu kebun.

Penanaman berbagai varietas ini dimaksudkan agar masyarakat tahu cara membedakan berbagai jenis kopi. Misalnya membedakan jenis kopi yang tumbuh di Kabupaten Batang di antaranya ada kopi jenis arabika, robusta, dan juga liberika.

Sebagaimana diketahui, kopi arabika adalah jenis kopi yang rasanya cenderung asam. Kopi robusta adalah kopi yang rasanya lebih pahit. Sedangkan untuk kopi liberika adalah kopi yang cenderung pahit dan kental dengan tingkat keasaman rendah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya