SOLOPOS.COM - Ketua DPRD Pati Ali Badrudin. (Istimewa)

Solopos.com, PATI — Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati Ali Badrudin, SE meminta para kepala desa (kades) di kabupaten tersebut untuk memaksimalkan penggunaan Dana Desa 2023 demi kemajuan wilayahnya masing-masing.

Namun demikian, Ali juga menekankan agar para kades tetap memperhatikan petunjuk terkait dengan prioritas penggunaan dana desa (DD) pada 2023 ini. “Prioritas penggunaan dana harus mengutamakan urgensi program yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di desa masing-masing.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

Selain itu penggunaan dana desa harus bersifat  transparan (terbuka) dan akuntabel atau dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat,” ujar Ali seperti dikutip dari laman Instagram resmi DPRD Pati.

Dalam UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa disebutkan tujuan disalurkannya dana desa adalah sebagai bentuk komitmen negara dalam melindungi dan memberdayakan desa agar menjadi kuat, maju, mandiri dan demokratis.

Dengan adanya Dana Desa, desa dapat menciptakan pembangunan dan pemberdayaan desa menuju masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera.

Ali menambahkan, penggunaan Dana Desa 2023 diharapkan lebih difokuskan untuk program yang menyangkut kepentingan masyarakat desa.

“Prioritas Penggunaan Dana Desa 2023 ini sebaiknya diprioritaskan pada peningkatan sumber daya manusia dan percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem dengan tetap memperhatikan permasalahan yang masih mengemuka seperti penanganan stunting, pelaksanaan padat karya tunai desa, pengembangan ekonomi desa, serta penanganan bencana alam dan non-alam yang sesuai kewenangan desa,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya