SOLOPOS.COM - ilustrasi (Ist)

ilustrasi

Kanalsemarang.com, SEMARANG – Lima unsur pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Tengah periode 2014-2019, resmi dilantik pada rapat paripurna istimewa di gedung DPRD setempat di Semarang, Kamis (16/10/2014).

Promosi BRI Kembali Gelar Program Pemberdayaan Desa Melalui Program Desa BRILiaN 2024

Kelima anggota dewan yang mengucapkan sumpah dan janji sebagai pimpinan DPRD Jateng itu adalah Ketua Rukma Setyabudi (PDI Perjuangan) serta empat Wakil Ketua masing-masing Sukirman (Partai Kebangkitan Bangsa), Ferry Wawan Cahyono (Partai Golkar), Agus Priyadi (Partai Gerindra), dan Ahmadi (Partai Keadilan Sejahtera).

Pengucapan sumpah dan janji kelima pimpinan dewan itu dipandu oleh Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Tengah Daming Sunusi, disaksikan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, para anggota dewan, dan Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Jateng Sri Puryono.

Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan sebagai pimpinan dewan lima tahun ke depan.

“Kami menyadari amanat dan tugas sebagai pimpinan dewan tidak dapat terselesaikan dengan baik tanpa bantuan pihak lain sehingga diperlukan kerja sama yang baik antara forkompimda, eksekutif, dan legislatif guna mewujudkan masyarakat Jateng yang bersih, mandiri, kreatif, dan hebat,” katanya seperti dikutip Antara.

Menurut dia, hal yang mendesak untuk dilakukan adalah pembentukan alat kelengkapan DPRD Jateng agar anggota dewan dapat melaksanakan tugas dan kewajibannya sesuai tupoksi.

Alat kelengkapan dewan itu antara lain, komisi A hingga komisi E, Badan Kehormatan, Badan Anggaran, Badan Musyawarah, dan Badan Legislasi.

“Selain itu, agenda yang harus segera dilakukan adalah pengesahan enam raperda yang masih tersisa serta pembahasan RAPBD 2015,” ujarnya.

Berdasarkan rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Jateng hasil Pemilu Legislatif 9 April 2014 oleh KPU Jateng pada Selasa (13/5/2014), terpilih sebanyak 100 anggota dewan provinsi setempat yang terdiri atas 23 perempuan dan 67 laki-laki.

Dari 100 anggota dewan tersebut, PDIP memperoleh 27 kursi atau bertambah empat kursi dibandingkan Pemilu 2009.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya