SOLOPOS.COM - Ilustrasi lampion Imlek. (Freepik.com)

Solopos.com, PEKALONGAN — Festival Pintu Dalem akan memeriahkan perayaan Imlek atau Tahun Baru di Kota Pekalongan, Jawa Tengah (Jateng). Acara yang diinisiasi pengurus Kelenteng Po An Thian Kota Pekalongan itu digelar mulai 1-5 Februari 2023.

Juru Bicara Peringatan Imlek 2023 Kelenteng Po An Thian Kota Pekalongan, Wisnu Budiarto,mengatakan festival akan menghadirkan puluhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) kuliner, kerajinan, pertunjukan barongsai, serta pementasan seni dan budaya.

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

“Ya, salah satu tujuan festival ini adalah untuk menggeliatkan kembali UMKM pascapandemi Covid-19,” katanya.

Dalam Festival Pintu Dalem juga akan digelar kirab suci Imlek yang rencana dilaksanakan 4 Februari 2023. Pada saat kirab tersebut, pihaknya akan mengundang tokoh masyarakat, wali kota beserta jajarannya, tokoh kharismatik Habib Lutfi, DPRD, TNI, dan Polri.

Peserta kirab berasal dari berbagai unsur, terutama dari Kelenteng Po An Thian Kota Pekalongan. “Total ada 12 tandu yakni 11 tandu arca dewa-dewi dan satu tandu pedupaan. Kami akan melakukan kerja sama dengan pihak kelenteng dan wihara pada kegiatan festival tersebut,” katanya.

Wisnu Budiarto mengatakan selain menampilkan permainan kostum dewa-dewi, seperti Dewi Kwan Im, Sun Go Kong, Biksu Tong, juga ada pertunjukan lainnya.

“Nantinya juga ada pertunjukan dari samping Sanggar Seni Semarang dan Sekolah Menengah Kejuruan SUPM Kabupaten Batang,” katanya.

Ia menambahkan kirab festival tersebut akan mengambil rute mulai dari Jalan Belimbing, Jalan Jeruk, Sultan Agung, Jalan Salak, jembatan Gambaran ke arah monumen menuju Jalan Hayam Wuruk, Jalan Hasanudin, dan berakhir di Jalan Belimbing.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya