SOLOPOS.COM - Ilustrasi listrik. (Freepik)

Solopos.com, CILACAP — Bisa dibayangkan bagaimana jadinya jika di era sekarang hidup tanpa listrik. Setiap malam dipenuhi suasana gelap dan hanya ditemani lentera minyak tanah yang cahayanya hanya sebatas ruangan kecil.

Belum lagi anak-anak yang perlu belajar di malam hari tentu membutuhkan penerangan yang memadai. Pada kondisi itu, satu-satunya yang bisa diandalkan sebagai sumber hiburan dan informasi hanyalah radio baterai.

Promosi Direktur BRI Tinjau Operasional Layanan Libur Lebaran, Ini Hasilnya

Begitulah kira-kira yang dirasakan warga Dusun Bondan Cilacap sebelum tahun 2017 silam. Memasuki tahun 2017, kehidupan warga Dusun Bondan, Desa Ujungalang, Kecamatan Kampung Laut, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, mulai mendapatkan penerangan.

Melansir dari berbagai sumber, perubahan tersebut bermula dari datangnya bantuan dari Pertamina berupa instalasi Hybrid Electric One Pool (HEOP). Saat itu perangkat yang digunakan terdiri dari 14 kincir angin dan panel surya menghasilkan kapasitas 6000 WP (Watt Peak) yang tersebar di sejumlah lokasi di Dusun Bondan.

Namun setiap lokasinya hanya bisa dimanfaatkan untuk empat rumah. Itu pun untuk penerangan saja. Jadi, aliran listrik yang dihasilkan belum mampu menjangkau dengan baik di seluruh rumah warga.

Pada 2018, dibangun kembali 5 kincir angin serta 24 panel surya dengan kapasitas ditingkatkan menjadi 12.000 WP. Jumlahnya terus meningkat.

Hingga pada 2021, ditingkatkan menjadi 16.200 WP listrik yang bisa dihasilkan. Setidaknya 78 Kepala Keluarga Dusun Bondan bisa menikmati listrik dengan setiap rumah mendapatkan jatah 500 Watt per harinya.

Dengan adanya upaya tersebut, warga merasa sangat terbantu akan kehadiran listrik di Dusun Bondan ini. Sekarang, warga sudah bisa merasakan manfaat adanya listrik tersebut.

Di antaranya dapat digunakan untuk keperluan perangkat elektronik, seperti televisi hingga charger HP untuk menunjang pembelajaran online anak-anak Dusun Bondan. Anak-anak kini akhirnya bisa belajar maksimal dengan adanya penerangan yang nyaman.

Rasa syukur dan terima kasih diucapkan warga Dusun Bondan kepada pihak terkait yang sudah mengupayakan kehadiran listrik di Dusun Bondan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya