SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo saat meninjau jalan Pebatan-Rengaspendawa sepanjang 4,38 km di Brebes, Sabtu (19/8/2023).(istimewa/jatengprov.go.id)

Solopos.com, BREBESJalan Pebatan-Rengaspendawa sepanjang 4,38 km di Brebes kini mulus dan berkualitas baik. Di waktu sebelumnya, kondisi jalan tersebut sering dikeluhkan warga karena rusak dan berlubang.

Di tengah kunjungannya di Brebes, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, berkesempatan meninjau hasil perbaikan jalan di ruas Pebatan-Rengaspendawa itu, Sabtu (19/8/2023).

Promosi BRI Sukses Jual SBN SR020 hingga Tembus Rp1,5 Triliun

Kehadiran Ganjar disambut ratusan warga. Mereka saling berebut untuk bersalaman dengan Ganjar dan mengucapkan terima kasih.

“Makasih banyak pak, jalannya sudah mulus sekarang. Enggak gronjalan [berlubang],” teriak warga seperti dikutip dari jatengprov.go.id, Minggu (20/8/2023).

Ganjar mengatakan perbaikan ruas jalan ini disokong bantuan keuangan (Bankeu) Provinsi Jateng tahun anggaran 2022 senilai Rp12 miliar. Dari nilai bantuan itu, proyek dikerjakan dengan nilai pelaksanaan senilai Rp11,4 miliar.

Di tengah kunjungannya, Ganjar berpesan kepada pihak yang menjalankan proyek untuk menjaga integritas, agar pembangunan bisa maksimal dirasakan masyarakat.

“Jadi ini dicor, atasnya dikasih aspal mudah-mudahan kuat. Kalau kita bisa menjaga semuanya, makin hari makin baik,” kata Ganjar.

Ruas Pebatan-Rengaspendawa menjadi jalur distribusi para petani bawang merah. Di mana, Brebes dikenal sebagai wilayah penghasil komoditas bawang merah yang tinggi di Jateng. Pada 2022, produksi bawang merah di Brebes berkisar 3.844.482 kuintal.

“Sehingga kalau ini jalannya bagus, seperti kita lihat di belakang ini lagi panen bawang merah, maka pasti transportasinya bagus. Jadi ekonomi juga akan berjalan lancar,” kata Ganjar.

Kabupaten Brebes memiliki wilayah yang cukup luas, yakni mencapai 1.770 kilometer persegi. Pembangunan infrastruktur, terutama jalan menjadi perhatian di Brebes.

“Ini cara kita mencoba bekerja sama dengan kabupaten-kabupaten, wabil khusus kabupaten yang secara kapasitas fiskalnya tidak terlalu tinggi sebenarnya, sehingga butuh bantuan,” kata Ganjar.

Warga sekitar menyambut baik perbaikan jalan yang dibangun Ganjar. Mereka begitu bersyukur karena jalan yang sejak lama berlubang itu kini sudah mulus.

“Sudah lama jalannya berlubang, membahayakan pengguna jalan. Kalau sekarang sudah mulus. Sangat membantu petani karena jalan mulus, ekonomi jadi lancar,” ungkap salah seorang warga Brebes, Tuniroh, 55.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya