SOLOPOS.COM - Manisan carica khas Dieng Wonosobo. (Istimewa/Wikipedieng.com)

Solopos.com, WONOSOBO — Carica adalah buah yang masih satu keluarga dengan pepaya dan biasanya hidup di dataran tinggi. Jika dilihat sekilas, bentuk buahnya seperti perpaduan antara buah kakao dan pepaya, namun ukurannya lebih kecil.

Daerah penghasil carica yang terkenal ada di daerah Dataran Tinggi Dieng Wonosobo, Jawa Tengah. Tanaman buah ini dulunya hanya dianggap sebagai tanaman liar yang biasa tumbuh di dataran tinggi Dieng.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

Atas inovasi masyarakatnya, ternyata olahan buah carica ini berhasil menarik minat masyarakat luar yang berkunjung ke Dieng. Hingga akhirnya menjadi produk unggulan Kabupaten Wonosobo.

Olahan yang terkenal dari buah ini adalah manisan carica. Jika dimakan langsung buah ini memang sedikit sepat, sehingga perlu diolah dahulu agar layak dikonsumsi.

Untuk menjadikannya manisan, daging buah carica yang diiris kecil-kecil perlu dimasak dan dibersihkan dahulu. Baru kemudian dimasak kembali bersama larutan sirup yang terbuat dari campuran gula dan sari buah.

Setelah matang, bisa dikonsumsi langsung selagi hangat maupun dimasukkan lemari es terlebih dahulu. Setelah menjadi olahan manisan, rasanya lebih segar dan tidak ada rasa sepat lagi dari caricanya.

Selain enak, buah carica sendiri ternyata menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan. Melansir dari alodokter.com, salah satu manfaat buah carica adalah menjaga daya tahan tubuh.

Manfaat tersebut berasal dari kandungan vitamin C di dalamnya. Buah ini juga mengandung nutrisi lain yang diketahui mampu menjaga kesehatan pencernaan dan mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

Selain itu, manfaat buah carica lainnya di antaranya dapat melancarkan buang air besar, menjaga kesehatan mata, mengontrol tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan kesehatan tulang, serta dapat mencegah penyakit kanker.

Biasanya, manisan carica ini dikemas dalam kemasan plastik air mineral gelas dan disusun dalam dus. Sehingga mudah dibawa dan cocok digunakan untuk oleh-oleh khas dari Wonosobo.

Lantaran sudah cukup populer, pengunjung akan sangat mudah menemukan oleh-oleh yang satu ini di pusat oleh-oleh Wonosobo. Harga yang dibanderol juga cukup bergam mulai Rp14.000 hingga Rp100.000-an per dusnya, tergantung berapa isi setiap dus.

Bagaimana, tertarik mencoba manisan carica yang kaya akan manfaatnya ini? Saat berkunjung ke Wonosobo jangan lewatkan oleh-oleh yang satu ini ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya