SOLOPOS.COM - Lorong dekat tangga menuju ruang bawah tanah Lawang Sewu, Kota Semarang, Jateng. (Facebook.com-Rio Hernandes)

Kisah misteri tentang banyaknya uang koin yang bertebaran di salah satu sudut bangunan Lawang Sewu terungkap.

Semarangpos.com, SEMARANG – Kisah misteri yang terjadi di Lawang Sewu memang sudah kondang. Terlebih lagi, beberapa tahun silam, gedung yang terletak di seputaran Tugu Muda, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) itu menjadi lokasi digelarnya uji nyali yang ditayangkan salah satu stasiun televisi swasta nasional.

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

Namun kali ini, kisah misteri muncul dari salah satu sudut bangunan bekas kantor jawatan kereta api ini, tepatnya di lorong dekat tangga menuju ruang bawah tanah. Di lorong tersebut banyak sekali uang koin mulai dari pecahan Rp100 hingga Rp1.000. Seorang pengunjung yang penasaran lantas menanyakan hal itu melalui akun Facebook Rio Hernandes ke dinding grup Media Informasi Kota Semarang (MIK Semar), Kamis (2/3/2017).

Lorong dekat tangga menuju ruang bawah tanah Lawang Sewu, Kota Semarang, Jateng. (Facebook.com-Rio Hernandes)

Lorong dekat tangga menuju ruang bawah tanah Lawang Sewu, Kota Semarang, Jateng. (Facebook.com-Rio Hernandes)

Tiap aq masuk Lawang Sewu kok mesti akeh dwit koin 500,200,100 ning jero lorong iki lurr. Do nguncali dwit ning lorong kui kiro2 Ben opo lurr? [Setiap saya masuk ke Lawang Sewu pasti banyak uang koin pecahan Rp500, Rp200, Rp100 di dalam lorong ini, kira-kira untuk apa ya?],” tanya Rio Hernandes.

Sejumlah netizen lantas mengungkapkan jika uang koin itu adalah milik para pengunjung yang sengaja melemparnya ke dalam lorong tersebut. Menurut netizen hal itu dilakukan agar para pengunjung tak kerasukan atau diikuti makhluk halus yang menghuni salah satu objek wisata di Kota Semarang tersebut.

“Sebenarnya itu hanya mitos dari jaman dulu mas, konon katanya dulu biar kita setelah mengunjungi Lawang Sewu tidak diikuti sama hantu di situ, setiap ke sana harus melempar duit koin, tidak beda halnya seperti orang meninggal,” tulis pengguna akun Facebook Muhammad Yunus Afiffurrohman.

Kendati demikian, tak sedikit juga netizen yang tak mempercayai kisah misteri tersebut. Mereka menganggap cerita itu hanya dibuat para pemandu wisata Lawang Sewu agar kesan horor di Lawang Sewu makin kental. “Enggak terlalu percaya. Soalnya dulu aku ikut renovasi Lawang Sewu. Pemandu wisata di situ kabayakan membumbui hal mistisnya,” tulis pengguna akun Facebook Bendung Aji Prastio.

Sebagian netizen lain justru mengimbau kepada netizen lainnya untuk tak mempercayai cerita seram Lawang Sewu itu. Mereka menganggap cerita itu dapat menjerumuskan manusia pada kemusyrikan.

Terlepas dari itu semua, kisah misteri Lawang Sewu memang sudah kondang di semua kalangan masyarakat Kota Semarang. Salah satu destinasi wisata di Kota Semarang itu menyimpan banyak kisah misteri setelah beredar kisah bahwa ruang bawah tanah yang sejatinya berfungsi sebagai drainase dan pendingin ruangan justru dimanfaatkan untuk membantai tahanan pada zaman pendudukan Jepang.

Bagaimana? Percaya dengan kisah misteri mengenai Lawang Sewu? Percaya atau tidak itu bergantung pada pribadi masing-masing. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya