SOLOPOS.COM - Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Abdul Hakam. (Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG — Dinas Kesehatan Kota (DKK) Semarang menyebut lonjakan kasus Covid-19 mulai terjadi di wilayahnya pada awal Februari 2022. Klaster baru Covid-19 pun bermunculan di Kota Semarang.

Kepala DKK Semarang, Moh Abdul Hakam, mengatakan angka kasus Covid-19 di Kota Semarang menyentuh 87 kasus hingga Rabu (2/2/2022) siang. Dari jumlah itu, 33 orang menjalani isolasi mandiri di rumah, 23 pasien berada di isolasi terpusat, dan sisanya dirawat di rumah sakit.

Promosi Video Uang Hilang Rp400 Juta, BRI: Uang Diambil Sendiri oleh Nasabah pada 2018

Selain itu, Hakam juga menyebut muncul beberapa klaster baru dari penularan Covid-19 di Kota Semarang. Klaster baru yang muncul itu antara lain klaster perkantoran BUMN, klaster sekolah, hingga klaster pelaku perjalanan.

Baca juga: Duh! Ada Klaster Baru Covid-19 Semarang, Klaster Perusahaan

Peningkatan kasus, lanjut Hakam, didominasi dari pelaku perjalanan karena penerapan protokol kesehatan yang rendah. Sedangkan jumlah orang yang terpapar Covid-19 dari klaster sekolah dan klaster perkantoran BUMN tidak banyak.

“Ini sedang kami tindaklanjuti mudah-mudahan tidak sampai menyebar ke beberapa lini dua dam tiga. Tentunya, kami sudah menyiapkan beberapa strategi mengaktifkan lagi teman-teman Satpol PP, TNI, Polri, sekaligus mempercepat vaksiansi booster,” jelasnya

Ia meminta sekolah maupun perkantoran harus aktif melakukan pemantauan protokol kesehatan disamping pendampingan dari Dinas Kesehatan. “Tidak hanya masker, disinfektan, tapi bagaimana ventilasi sesuai kententuan pintu, jendela, dibuka supaya udara bisa masuk keluar, matahari bisa masuk. Menurunkan angka penularan,” katanya.

Baca juga: Muncul Klaster Covid-19 di SMA Warga, PTM Sekolah Solo Jalan Terus

Meski sudah divaksin, penularan kemungkinan bisa terjadi jika tidak menerapkan protokol kesehatan. Ventilasi ruangan juga harus diperhatikan. Jika ventilasi jelek, kemungkinan 16 kali lebih menularkan.

Sementara itu berdasarkan data dari situs web siagacorona.semarangkota.go.id, total kasus Covid-19 di Kota Semarang hingga Jumat (4/2/2022) telah mencapai 89.565 orang. Perinciannya, 115 kasus aktif, 82.921 kasus sembuh, dan 6.501 kasus kematian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya