SOLOPOS.COM - PKS saat tiba di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah, bersama rombongan kader dan bakal calegnya, Senin (8/5/2023) siang. (Solopos.com-Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANG — Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menjadi partai politik di Jawa Tegah (Jateng) yang mendaftarkan bakal calon legislatif (caleg) dalam Pemilu Legislatif 2024. Pendaftaran dilakukan secara serentak tak hanya di KPU kabupaten/kota tapi juga di KPU Provinsi Jateng pada Senin (8/5/2023).

Di KPU Jateng, DPW PKS datang bersama rombongan kader dan bakal caleg dengan menggunakan angkutan kota (angkot). Kedatangan mereka disambut langsung Ketua KPU Jateng, Paulus Widjanarko.

Promosi Pelaku Usaha Wanita Ini Akui Manfaat Nyata Pinjaman Ultra Mikro BRI Group

“Alhamdulillah bisa mendaftarkan BCAD [bakal calon anggota dewan] dan ini terpenuhi 100 persen [persyaratannya], atau kalau dijumlahkan sesuai kursi, ada 120 kursi,” ujar Ketua DPW PKS Jateng, Muhammad Afif, di Kantor KPU Jateng, Kota Semarang, Senin sore.

Tak hanya memenuhi syarat jumlah, DPW PKS Jateng juga mengeklaim telah memenuhi persyaratan unsur atau keterwakilan wanita sebanyak 30 persen. Tak hanya itu, dari ratusan caleg yang didaftarkan lima di antaranya merupakan sosok incumbent atau petahana.

“Ada juga unsur milenial. Tapi kesimpulanya, caleg adalah orang dengan wajah baru dengan kombinasi latar belakang ada sebagian pengusaha. Kami akan terus berjuang agar target DPP 15 persen dapat terpenuhi,” sambungnya.

Afif menambahkan ke depan PKS Jateng juga akan melakukan konsolidasi di tiap daerah pemilihan (dapil). Termasuk menggandeng tokoh masyarakat hingga segenap lapisan.

Sementara itu, Ketua KPU Jateng, Paulus Widjanarko, mengatakan setelah penyerahan pendaftaran caleg, pihaknya akan melakukan pengecekan berkas dan verifikasi administrasi. KPU Jateng saat ini juga masih menunggu dokumen penyerahan pendaftaran caleg dari 17 parpol lainnya.

“Hari terakhir 14 Mei. Sampai hari ini untuk partai politik baru satu [yang melakukan pendaftaran caleg], yakni Partai Keadilan Sejahtera,” ujar Paulus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya